KORAN NUSANTARA
Hallo Nusantara indeks

Pejabat Jangan Sekedar Hobi Ngelencer ke Luar Negeri

S4010823Ramainya pembicaran tentang perjalanan dinas ke luar negeri para pejabat beberapa daerah akhir-akhir ini banyak mendaoat sorotan dari berbagai kalangan, Kendati banyak mendapat sorotan bahkan kecaman mereka tetap acuh saja. Mestinya bagi pejabat daerah yang hendak ke Luar negeri harus memiliki alasan dan tujuan yang jelas atas keberangkatannya.Dalam perjalanan dinas ke luar negeri harus berkompeten pada bidang tugasnya, sehingga tidak terkesan cuma ikut meramaikan saja dan sekedar plesiran tanpa membawa pulang manfaat yang baik bagi tugasnya ke depan, serta hanya menghambur-hamburkan anggaran APBD masing-masing daerah saja.

Salah satu contoh di Surabaya, para pejabat dan anggota dewan akhir-akhir ini demen ngelencer ke luar negeri. Bagaimana tidak, pada bulan Maret lalu paska gempa sunami di Jepang, Walikota Surabaya bersama beberapa stafnya dan anggota DPRD Surabaya ramai-ramai berangkat ke Jepang. Entah apa tujuanya datang ke negara yang lagi dilanda bencana itu. Kemudian belum genap sebulan, beberapa pejabat Pemkot dan anggota DPRD Surabaya pada 5 April kemarin kembali ramai-ramai berangkat ke Belanda, itupun tak jelas apa tujuan keberangkatan mereka yang dibiayai dana APBD itu.

Hendaknya pejabat daerah yang mau ke luar negeri harus mempunyai tujuan yang jelas. Tidak usah berangkat ke luar negeri bagi mereka yang tidak berkepentingan dengan daerah yang dipimpinya.

Pejabat daerah yang hendak berangkat ke luar negeri tidak harus meminta Ijin dari siapapun, akan tetapi sebaiknya keberangkatan pejabat ke luar negeri itu harus memiliki kepentingan untuk kesejahteraan masyarakat di daerahnya.

Sekiranya perjalanan dinas pejabat daerah ke luar negeri itu harus dilakukan seefesien mungkin dengan hanya mengikutkan pejabat daerah yang memiliki kompotensi terhadap negara tujuan dan tetap mempertimbangkan kondisi APBD.

Para pejabat juga perlu memperhatikan antara output dan input atas keberangkatan mereka ke luar negeri, jangan seenaknya dan sekedar jalan-jalan ke luar negeri tanpa tujuan dan maksud yang jelas serta mengikutkan pejabat yang tidak berkompeten pada negara tujuan.

Turunnya tim pemeriksa dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ke daerah yang memantau pengunaan dana APBD ternyata belum mampu menyurutkan semangat pejabat untuk menhamburkan dana APBD, termasuk seringnya menuruti hobinya ngelencer ke luar negeri.

Related posts

Aster Kasdam V/Brawijaya Minta Banser Perkuat Persatuan

kornus

Dansatgas RDB Tinjau Medan di Wilayah Nyunzu dan Moba Republik Demokratik Kongo

kornus

Pasangan Cagub Palembang Iskandar-Hafisz Telah Kumpulkan 250.000 Lebih Dukungan

kornus