KORAN NUSANTARA
indeks Nasional

Surabaya Tuan Rumah The First ASEAN City Mayors Forum (ACMF)

Surabaya (KN) – Pada 24 25 Oktober 2011, Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) didukung oleh Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Luar Negeri, Sekretariat ASEAN, Pemerintah Provinsi Jawa Timur serta Pemerintah Kota Surabaya akan menyelenggarakan The First ASEAN City Mayors Forum (ACMF) atau Forum Walikota se-ASEAN pertama.Berdasarkan hasil Rakernas APEKSI di Banda Aceh dan Rapat APEKSI di Jakarta, Surabaya akhirnya dipercaya sebagai tuan rumah event berskala internasional ini. Sebanyak 321 kota dari 10 negara anggota ASEAN telah menerima undangan ACMF. Nantinya, para delegasi ASEAN tersebut baik dari dalam maupun luar negeri akan membahas berbagai hal terkait perkembangan negara-negara ASEAN di bidang sosial, budaya, teknologi dan ekonomi.

Agenda diskusi ACMF meliputi sharing isu umum yang sedang terjadi di pemerintahan masing-masing, penjajakan kemungkinan kerjasama antar kota di bidang studi banding dan pembelajaran, serta penataan dan pengelolaan lingkungan. Disamping itu, penyelenggaraan pertama ACMF juga dimanfaatkan untuk mengokohkan konsep forum antar walikota ini agar kedepannya bisa menjadi sebuah agenda rutin dimana setiap kota di negara-negara ASEAN dapat meningkatkan solidaritas dan kerjasama.

Poin-poin inti pembahasan ACMF tersebut akan dikupas dalam beberapa sesi seminar selama dua hari di Royal Ballroom Hotel JW Marriott Jl Embong Malang 85-89 Surabaya. Adapun pembicara yang akan mengisi seminar yakni perwakilan dari Asian Development Bank (ADB) serta Walikota Surabaya Tri Rismaharini selaku tuan rumah yang akan memaparkan tentang Best Practices Sharing of Experience.

Kepala Bagian Kerjasama Pemkot Surabaya Antiek Sugiharti mengatakan, selain seminar, rombongan delegasi ACMF juga akan diajak berkeliling mengunjungi sejumlah tempat menarik, seperti cagar budaya, taman-taman hingga pusat perbelanjaan dalam rangkaian City Tour yang telah dipersiapkan Pemkot Surabaya.  “Setelah itu, mereka akan menikmati hidangan makan malam di atas kapal sembari menikmati keindahan Jembatan Suramadu di malam hari,” tambah Antiek.

Untuk diketahui, Forum Walikota se ASEAN ini dilatar belakangi oleh komitmen anggota ASEAN yang ingin mewujudkan solidaritas masyarakat Asia Tenggara (ASEAN Community). Persiapannya ditandai dengan ASEAN Concord II di Bali pada Oktober 2003 silam.

Kemudian semakin diteguhkan melalui Pertemuan ASEAN ke-12 di Cebu, Filipina pada 12 Januari 2007. Dalam pertemuan tersebut, para pemimpin ASEAN menandatangani Deklarasi Cebu sebagai tonggak percepatan pembentukan ASEAN Community yang ditarget tuntas pada tahun 2015. (Jack)

Related posts

Bus Damri Jurusan Dipatiukur-Jatinangor Terbakar di depan IPDN

redaksi

Panglima TNI Terima Dubes Spanyol

kornus

Gubernur Khofifah Ingatkan Jajaran Nakes Waspadai Penambahan Pasien Baru Covid-19

kornus