KORAN NUSANTARA
Headline indeks Jatim

Pangdam V/Brawijaya Buka Apel Komandan Satuan

PangdamV-Brawijaya-Buka Apel -Komandan -Satuan Surabaya (KN) – Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Sumardi membuka kegiatan Apel Komandan Satuan (Dansat) Kodam V/Brawijaya, di lapangan Batalyon Kavaleri 3/Tank Singosari Malang, Senin (25/4/2016).Dalam sambutannyaPangdam mengatakan, Apel Dansat Kodam V/Brawijaya ini, bertujuan untuk menyamakan pola pikir dan pola tindak para pimpinan atau Dansatdengan Pimpinan Kodam V/Brawijaya, guna meningkatkan efektifitas dan produktifitas kinerja satuan serta peningkatan profesionalisme prajurit dalam rangka mendukung tugas pokok TNI Angkatan Darat di wilayah Jawa Timur.

“Sasaran yang akan dicapai yaitu terwujudnya kualitas pemahaman cara pandang para Komandan Satuan terhadap pokok-pokok Kebijakan Pimpinan Kodam V/Brawijaya untuk selanjutnya disikapi secara tepat dan diwujudkan secara nyata dan terukur di wilayah tugas masing-masing,” tutur Pangdam.

Lebih lanjut Pangdam mengatakan, bahwa seiring pekembanganera globalisasi dengan segala eksesnya, maka tugas ke depan tentu tidak semakin ringan. Para Dansat harus bisa memanfaatkan kemajuan teknologi sekaligus mampu memfilternya agar dampak negatif dari era globalisasi tidak sampai merusak sendi-sendi bernegara, apalagi merusak tatanan organisasi TNI AD. Yang patut diwaspadai adalah semakin maraknya aksi-aksi Radikalisme, Terorisme dan penggunaan Narkoba.

Terkait adanya aliran-aliranatau ideologi yang mengarah kepada tindakan Radikalisme, Terorismedan Narkoba harus dilakukan pencegahan dan antisipasi secaraterus menerus, agar prajurit beserta keluarganya tidak sampai terpengaruh. Peran serta Dansat sangat penting, Dansat harus mau turun langsung untuk memberikan penjelasan sekaligus melaksanakan pengawasan melekat terhadap anak buah.

Apel Dansat kali ini, gunakan sebagai pendorong bagi para Komandan Satuan untuk senantiasa bisa menerapkan kepemimpinan lapangan bagi keberhasilan misi kepemimpinannyasesuai tema Apel Dansat “Reaktualisasi Kepemimpinan Dansat Guna Memantapkan Soliditas, Profesionalitas danMilitansi Prajurit TNI AD Dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok”.

Pangdam berharap kegiatan Apel Dansat ini tidak hanya dijadikan sebagai kegiatan rutin setiap tahun atau hanya menyelaraskan kebijakan pimpinan saja, namun lebih dari itu diharapkan bisa digunakan untuk mengukur dan mengevaluasi sejauh mana kemampuan para Dansat dalam hal manajemen kepemimpinan, keterampilan militer serta pembinaan di satuannya masing-masing.

Oleh karena itu, dalam apel Dansat kali ini juga dilaksanakan materi-materi, seperti: Garjas, Renang Militer, Menembak, Beladiri dan HTF. Semua materi tersebut sangat penting terkait dengan upaya menjaga kesiapan operasional dan target Kodam V/Brawijaya untuk selalu tampil terbaik dan juara dalam setiap even lomba.

Selain itu para perwira diharapkan memanfaatkan kegiatan ini untuk memperoleh informasi yang sebanyak banyaknya tentang hal-hal yang harus dipertajam di satuan. Bangun komunikasi, interaksi dan sharing informasi dengan semua pihak yang hadir di sini sehingga bermanfaat bagi pelaksanaan tugas dan juga bagi kemajuan Satuan jajaran Kodam V/Brawijaya.

“Ikuti secara seksama seluruh rangkaian kegiatan Apel Dansat yang akan berlangsung selama lima hari inisehingga dapat memberi nilai tambah bagi pengembangan diri dan kesuksesan para Perwira sekalian dalam pelaksanaan tugas,” imbuh Pangdam. (wan)

Related posts

Pangkogabwilhan II Ajak Prajuritnya Olahraga Bersama Disaat Pandemi Covid-19

kornus

Komisi D DPRD Jatim Minta Perbaikan Jalur Guyangan-Pajeng Segera Direalisasikan

kornus

Di Rapimnas, Demokrat Jatim Berharap AHY Segera Ditetapkan Sebagai Capres 2024

kornus