KORAN NUSANTARA
indeks Surabaya

Kota Surabaya Kembali Raih Penghargaan Tingkat nasional (WTN)

rismawtn-qprSurabaya (KN) – Kota Surabaya kembali meraih penghargaan tingkat nasional. Setelah beberapa waktu lalu berhasil meraih penghargaan Adipura Kencana, BKD Award, dan Pataka Paramadhana Madya sebagai Kota Penggerak Koperasi Terbaik, Surabaya kembali meraih gelar berskala nasional, yakni Wahana Tata Nugraha (WTN).Berdasarkan keputusan Menteri Perhubungan Nomor : KP.453 Tahun 2011 Tentang Pemberian Penghargaan Wahana Tata Nugraha Kepada Pemerintah Kabupaten / Kota Tahun 2010, Surabaya dinyatakan sebagai penerima penghargaan WTN tahun 2010 kategori Kota Metropolitan.

Piala WTN diserahkan langsung oleh Menteri Perhubungan RI kepada Walikota Surabaya Tri Rismaharini  pada Rabu (20/7), di Jakarta. Sehubungan dengan keberhasilan ini, Plt Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya, Eddi menyampaikan terima kasih kepada seluruh warga Surabaya yang telah mematuhi peraturan berlalu-lintas.

Menurutnya, keberhasilan ini tak lepas dari peran aktif masyarakat, SKPD Kota Surabaya, Kepolisian serta elemen-elemen terkait dalam menjaga ketertiban berlalu-lintas.
“Semua lapisan masyarakat dan Pemerintah dengan didukung aparat Kepolisian telah bahu-membahu menjaga ketertiban jalan. Untuk itu, saya mengucapkan terima kasih, penghargaan ini untuk warga Surabaya,”ujar Eddi.

Wahana Tata Nugraha adalah penghargaan yang diberikan Pemerintah pusat kepada pemerintah Kabupaten/Kota yang dinilai mampu menata transportasi publik dengan baik. Surabaya berhasil meraih WTN untuk ke 15 kalinya sejak penyelenggaraan pertama pada tahun 1992.

Sebelum dinyatakan sebagai pemenang, setiap Kabupaten/Kota harus melalui 3 tahap penilaian. Pertama adalah Penilaian Administrasi. Pada tahap ini, Pemerintah Kabupaten / Kota mengisi formulir dengan metode KPI (Key Performance Indikator) dan dinilai oleh panitia tingkat propinsi.

Tahap kedua adalah Penilaian Teknis dan Operasional Bidang Transportasi. Pada tahap tersebut, tim panitia tingkat propinsi melakukan verifikasi formulir KPI dan pengamatan dan survey lapangan terkait kinerja sistem lalu-lintas dan angkutan kota.

Selanjutnya, akan dilakukan penilaian tahap ketiga, yakni Komitmen Pemerintah Kabupaten / Kota (Political Will). Pada tahap ini, Pemerintah Kabupaten / Kota memaparkan program-program bidang transportasi di hadapan tim penilai pusat dan propinsi.

Saat ini, Pemerintah Kota Surabaya telah lolos penilaian tahap I penghargaan Wahana Tata Nugraha kegiatan Lalu-lintas dan Angkutan Kota 2011. Dalam waktu dekat, akan mengikuti penilaian tahap II dan III. Oleh karenanya, Dishub sangat mengharapkan partisipasi masyarakat agar Surabaya mampu mempertahankan prestasi yang telah diraih.
“Saya berharap, masyarakat bisa berprilaku tertib di jalan dengan mematuhi peraturan lalu-lintas seperti rambu-rambu, marka jalan, dan traffic light,” tandasnya. (red)

Related posts

DPD Dorong Calon Independen Untuk Jadi Peresiden

kornus

Tepis Tudingan Masuk Angin, Pansus Mihol Mengaku Terpaksa Ambil Keputusan Diskresi Total

kornus

Gubernur Jatim Dan Pejabat Negara Bahas Konflik Sampang di Gedung Negara Grahadi

kornus