KORAN NUSANTARA
hukum kriminal indeks

Antisipasi Natal, Polrestabes Akan Lakukan Pengamanan Secara Berlapis

Surabaya (KN) – Guna antisipasi dan mengamankan jalannya Natal di kota Surabaya agar berjalan aman dan lancar, Polrestabes Surabaya akan memeriksa barang bawaan para jamaah yang akan masuk ke gereja dan menyiapkan pasukan Gegana.

“Kita akan melakukan pengamanan secara berlapis mulai dari pintu gerbang hingga menuju pintu utama geraja, dalam pengamanan tersebut kita siagakan anggota Polrestabes bersama 6 unit tim Gegana Brimob untuk mengamankan rangkaian perayaan Natal dan Tahun baru,” ujar Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Coki Manurung saat ditemui usai gelar operasi Lilin Semeru 2011 di Mapolda Jatim, Kamis (22/12).

Coki menjelaskan, berdasarkan laporan yang masuk kejajaran Polrestabes Surabaya, dari 409 Gereja diagendakan ada 715 kegiatan rangkaian perayaan Natal. “Pola yang kita terapkan satu gereja kecil ditempatkan 4 anggota polisi, sedangkan untuk gereja besar ditempatkan 10 anggota polisi, khusus untuk 6 unit Gegana akan bersifat mobil,” ujarnya.

Selain pengamanan dari Kepolisian, pihaknya juga dibantu dari unsur TNI. Sedangkan dari komponen masyarakat. Selain Satpam atau tenaga pengamanan internal gereja,juga akan dibantu dari beberapa ormas yang akan berpartisipasi mengamankan gereja.

“Untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru, sudah disiagakan 3.519 anggota, dimana 2.902 diantaranya dari Polrestabes dan 617 sisanya dari jajaran samping seperti TNI, Garnisun, Linmas, Satpol PP, Dinas Kesehatan, PMI dan PMK,” ujarnya.

Dalam pelaksanaan Operasi Lilin 2011, juga akan didirikan 28 Pos, yakni 2 Pos Dari Polres yang ada di Taman Bungkul dan Royal Plaza, sedang 26 Pos di setiap wilayah Polsek.

Penempatan Pos, kata Kombes Pol Coki Manurung, dilihat dari sisi kerawanan baik dari tingkat kemacetan, kecelakaan, maupun keramaian. Pos-pos itu dijaga 24 jam sampai Tahun Baru.

Ia menambahkan, untuk pola pengamanan pihaknya akan melakukan sistem tertutup dan terbuka. Dimana tertutup pihaknya akan mengarahkan pasukan intel, Reserse, sedangkan terbuka pihaknya akan mengerahkan Samapta, Lintas serta Brimob polda Jatim.

Oleh karena itu, Kapolres mengimbau kepada masyarakat untuk ikut membantu menjaga keamanan dan pengamanan di wilayah sekitarnya, sehingga kondisi Surabaya tetap kondusif. “Kalau ada gerakan yang mencurigakan atau orang yang tidak dikenal untuk segera melaporkan kekantor polisi terdekat,” ujarnya. (anto)

Foto : Kombes Pol Coki Manurung

Related posts

Perhiasan Jadi Komoditas Ekspor Non Migas Utama Jatim

kornus

Peringati HUT RI Ke-76, Gubernur Khofifah Bagikan Paket Bingkisan Bagi Janda Perintis Kemerdekaan dan Keluarha Pahlawan

kornus

Ungkapan Terima Kasih dan Sujud Syukur dari Kakek Asben Beserta Keluarganya Pada Satgas TMMD

kornus