KORAN NUSANTARA
Headline indeks Surabaya

Anngota Dewan Minta Perusahaan di Surabaya Bagikan THR H-7 Lebaran

Surabaya (KN) –¬†Wakil Ketua Komisi D DPRD Surabaya H Junaedi mengatakan, pembayaran atau pembagian tunjangan hari raya (THR) oleh perusahaan harus didorong melalui instruksi tertulis.Karena itu, Junaedi minta Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) untuk mengeluarkan instruksi tertulis kepada pelaku usaha soal pemberian THR. “Para pengusaha supaya diimbau untuk memberikan THR minimal H-7 Lebaran kepada karyawannya,” kata Junaedi, Jumat (9/6/2017).

Angota dewan asal Partai Demokrat tersebut juga berharap ada tindakan tegas pada pelaku usaha yang nakal. Di luar sanksi yang sudah berlaku seperti sanksi administrasi dan denda, lanjut dia, perlu ada sanksi lain pada pelaku usaha yang melakukan pelanggaran setiap tahunnya.

Kalau pelanggaran dilakukan perusahaan dari tahun ketahun, sebutnya, itu artinya sanksi yang ada masih terlalu ringan. Sehingga dia mengusulkan, para pelaku usaha harus membuat surat pernyataan agar tidak mengulangi hal yang serupa pada tahun berikutnya.
Jika kemudian masih melanggar, tambah Junaedi, pemkot atau disnaker dapat memberi sanksi lebih berat berupa sanksi sosial. Misalnya, berupa pemanggilan pimpinan perusahaan atau pelaku usaha, pemberitahuan pada publik terkait cacatnya perusahaan tersebut hingga pencabutan izin usaha.

Dia menambahkan, instruksi dinas terkait dinilai perlu, karena melihat dalam peraturan menteri pun tidak ada sanksi lebih lanjut pada perusahaan nakal. Adanya hanya berupa sanksi administrasi dan denda.

Dengan ditingkatkannya sanksi pada perusahaan terkait THR, diharapkan dapat mendorong karyawan bekerja lebih baik. (anto)

Related posts

Ngobras di Kecamatan Kenjeran, Warga Harus Fokus ke RT-nya

kornus

Halal Bihalal dengan Pensiunan ASN Pemkot, Wali Kota Eri Teringat Ketika Ditempa di Birokrasi hingga Berhasil Jadi Wali Kota

kornus

SIG Ciptakan Terobosan, Gunakan 100% Bahan Bakar Gas Ramah Lingkungan pada Mesin Penggilingan di PT Semen Gresik

kornus