KORAN NUSANTARA
indeks Surabaya

Warga Kali Kediding Tolak Lahan Kas Desa Dijadikan Pasar

lg-ktsurabaya1Surabaya (KN) – Warga Tanah Kali Kedinding, Kecamatan Kenjeran, Surabaya tak ingin tanah kas desa miliknya beralih fungsi. Untuk memertahankan keberadaan tanah itu, warga pun siap melakukan aksi perlawanan.Menurut salah satu warga, Mu`in, di tempat itu sudah ada pasar dan kondisinya nyaris mati suri alias sepi. “Lha kok pasar yang sudah ada saja sepi, malah ingin membangun pasar lagi. Pasar yang ada itu persis di sebelah lapangan tanah ini,” ujar Mu`in.
Penggunaan lahan tanah kas desa itu tak sembarangan. Sebab sejak tahun 1981 sudah pernah dilakukan rembuk warga. Hasilnya, lahan seluas 15 ribu meter persegi itu dijadikan lapangan, 2.500 meter persegi jadi pasar dan 3.500 meter persegi jadi terminal angkot. “Itu semua sudah disetujui masyarakat, kok saat ini malah ingin dijadikan pasar lagi,” katanya.
Warga juga kecewa dengan rencana Pemkot Surabaya atas usulan dari Badan Kesejahteraan Masyarakat (BKM) Kali Kedinding yang akan menyulap lapangan itu jadi pasar. Sebab, niat itu tak pernah dibicarakan dengan warga. Rencananya, lapangan itu dijadikan pasar baru dengan 400 stan dan pasar lama akan dibongkar untuk dijadikan taman.
Sebenarnya, sebelum memutuskan untuk menggelar aksi unjuk rasa, warga sudah berupaya menyelesaikannya dengan duduk bersama. Bahkan upaya tersebut dilakukan sampai ke tingkat DPRD dan Pemkot Surabaya. Hanya saja, keinginan warga sama sekali tak menuai hasil lantaran keinginannya untuk melakukan pembahasan bersama tak direspon oleh semua pihak. (Jack)

Related posts

Presiden RI Kukuhkan 44 Pengurus LVRI

kornus

Jadi Tuan Rumah The 28 th EAROPH World Congress 2022, Wagub Emil : Ini Kehormatan Bagi Pemprov dan Masyarakat Jatim

kornus

Stadion GBT Dinilai Menpora Layak Masuk Daftar Venue Piala Dunia U-20

kornus