KORAN NUSANTARA
indeks Jatim

Guna Kenyamanan Masyarakat Saat Mudik Lebaran, Polda Jatim Luncurkan Progran Masjid Bintang

Polda-Jatim.jpg okeSurabaya (KN) – Guna menekan angka kecelakaan dan memberikan pelayanan prima kepada masyarakat saat mudik Lebaran 2011 nanti, Jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur secara resmi meluncurkan Masjid Bintang dan Berangkat Awal di Mapolda Jatim, Selasa (9/8).Kapolda Jatim Irjen Pol Hadiatmoko usai acara Launching Masjid Bintang, di Gedung Mahameru Mapolda Jatim, Selasa (9/8) mengatakan, program masjid Bintang ini berfungsi untuk sarana dan prasarana bagi masyarakat yang melakukan mudik.
“Pada Masjid Bintang ini kami akan sediakan menu sahur dan buka puasa secara gratis untuk para pemudik dan masyarakat umum. Namun untuk berapa titiknya, saat ini kami sedang menghitungnya. Masjid tersebut akan kita support dengan fasilitas yang diperlukan, seperti tenda, peralatan istirahat dan sebagainya,” tutur Irjen Pol Hadiatmoko saat di dampingi oleh Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Rachmat Mulyana.
Kapolda jatim menjelaskan, Masjid Bintang merupakan masjid yang memiliki lahan parkir cukup luas dan berada di pinggir jalan raya, baik di jalur pantura, jalur tengah, maupun jalur selatan Jatim.
“Pemprov dan sejumlah sponsor siap mendukung, bahkan ada sponsor yang akan menyiapkan karpet untuk masjid itu, sedangkan pemprov menjanjikan dana untuk mendukung program itu,” ujarnya.
Ia menegaskan, Masjid Bintang yang akan melibatkan takmir dan remaja masjid itu diprogramkan untuk kenyamanan pemudik di jalan raya, sehingga mereka dapat bertemu keluarga untuk bersilaturrahmi di saat Lebaran. ”Program ini  untuk keselamatan mudik. Kita akan kawal siapapun pemudik yang menggunakan motor. Maka itu, bila ada satu grup pemudik yang akan berangkat pulang dengan motor, kami imbau untuk segera melapor dulu agar mendapat pengawalan,” ujarnya.
Ketua MUI Jatim KH Abdusshomad Buchori menegaskan, pihaknya mendukung program apapun yang bersifat keagamaan, karena masyarakat Jatim merupakan masyarakat yang religius. “Saya yakin program apapun yang mendukung pembinaan keagamaan akan sukses, karena masyarakat Jatim merupakan masyarakat yang religius. Di Jatim ada 38 ribu masjid, 165 ribu mushala, dan belasan ribu pesantren,” ujarnya.
Sekda Provinsi Jatim, Dr H Rasiyo mengatakan, Pemrov akan memberikan support kepada Polda Jatim agar program ini bisa berjalan sukses dan masyarakat bisa merayakan Lebaran dengan aman dan nyaman. “Kami mendukung sepenuhnya, karena itu saya sudah berbicara dengan Kapolda Jatim untuk menyiapkan bantuan bagi pelaksanaan program Masjid Bintang itu,” kata rasio. (gus)

Related posts

Guna Beri Perhatian Terhadap Pasien, RSUD BDH Kini Miliki Tiga Poli Baru

kornus

57 WNI ABK MV Artania dari Australia Tiba di Jakarta

kornus

Gubernur Jatim Soekarwo Ziarah Ke Makam Pahlawan Dr Soetomo

kornus