KORAN NUSANTARA
indeks Surabaya

Walikota Surabaya Tandatangani MoU Dengan Walikota Denpasar

Surabaya (KN) – Setelah ditandatanganinya naskah Kerjasama Jaringan Lintas Perkotaan oleh Walikota Surabaya Tri Rismaharini dan Walikota Denpasar Ida Bagus Rai Dharma Wijaya Mantra di Balai Kota Surabaya, Kamis (15/12). Hubungan antara Kota Surabaya dengan Denpasar nampaknya bakal semakin erat.

Sebagaimana tertuang dalam perjanjian tersebut, kesepakatan kerjasama Surabaya dan Denpasar meliputi sejumlah sektor diantaranya pendidikan, kebudayaan dan pariwisata, promosi dan pengembangan industri, perdagangan dan investasi, teknologi informasi, kebersihan dan lingkungan hidup, serta bidang-bidang lain sesuai dengan kebutuhan masing-masing daerah.

Walikota Surabaya Tri Rismaharini menyampaikan, baik Surabaya maupun Denpasar memiliki keunggulan masing-masing. Dengan adanya kerjasama ini, kedua kota antara Surabaya dan Denpasar akan dapat memanfaatkan untuk saling belajar. Sementara di bidang perdagangan, Risma sangat antusias mempromosikan UMKM (usaha mikro, kecil & menengah) Surabaya. “Kami ingin lebih mengembangkan UMKM Surabaya dan memasarkan produknya di Denpasar,” ujarnya.

Sedangkan Walikota Denpasar Ida Bagus Rai Dharma Wijaya Mantra mengaku tertarik dengan konsep transformasi birokrasi yang diterapkan Pemkot Surabaya, khususnya program e-Gov. Menurutnya, Surabaya berhasil membuktikan diri sebagai kota yang mampu menerapkan sistem manajemen pemerintahan dengan baik. “Sebuah pembangunan yang baik harus direncanakan dengan sistem manajemen yang tersistem, seperti di Surabaya, manajemen pemerintahannya sudah terkomuperisasi semua,” tuturnya.

Ida Bagus Rai Dharma juga mengatakan, bahwa dirinya dan Walikota Surabaya memiliki visi yang sama, yakni memaksimalkan kerjasama yang bermuara pada peningkatan pelayanan publik serta pemahaman konsep pembangunan yang berkelanjutan.

Sementara itu, Kepala Bagian Kerjasama Pemkot Surabaya Antiek Sugiharti menjelaskan, kesepakatan bersama ini berlaku selama dua belas bulan terhitung sejak penandatanganan, namun sifatnya dapat diperpanjang sesuai kesepakatan kedua belah pihak.

Selain kerjasama dengan Kota Denpasar, Surabaya juga tercatat memiliki hubungan kerjasama resmi dengan sejumlah kota di Indonesia, diantaranya Balikpapan, Banjarmasin, Batam, Yogyakarta, Padang, Kabupaten Gresik, dan Kabupaten Kota Waringin. (anto)

Related posts

Jumat Bersinergi, Tiga Matra TNI dan Polri Berkumpul di Masjid AL-Wathon

kornus

Marak Tawuran, Surabaya Darurat Gangster

kornus

Peduli Dampak Covid-19, PMPP TNI Salurkan Bansos

kornus