KORAN NUSANTARA
hukum kriminal indeks

WakapoldaJatim Mengingatkan, Lebaran Berpotensi Peningkatan Kriminalitas

poldaSumenep (KN) Masyarakat harus waspada, menjelang Lebaran, potensi kerawanan baik kriminalitas maupun kecelakaan lalu lintas, menunjukkan peningkatan.“Itu wajar sebenarnya. Saat Lebaran ada peningkatan gangguan kamtibmas seperti tindak kriminal maupun kecelakaan, masih dalam batas toleransi,” kata Wakapolda Jawa Timur, Brigjen Pol Eddi Sumantri, saat mengecek pos pengamanan Lebaran di areal Taman Adipura Sumenep, Minggu (28/8).
Menurut Eddi Sumantri, dari data yang ada, setiap tahun saat Lebaran memang menunjukkan peningkatan tindak kriminal dibanding hari-hari biasa. “Tetapi peningkatannya tidak signifikan dari tahun ke tahun. Ya hanya sesaat saja. Dan itu masih dalam batas toleransi,” tandasnya.
Karena itu, Eddi meminta setiap daerah mewaspadai dan memahami karakteristik di wilayahnya. “Pada dasarnya semua daerah potensi kerawanannya sama. Hanya bentuknya yang berbeda. Jamnya yang berbeda. Semua daerah punya karakteristik masing-masing,” ungkapnya.
Ia berharap selama pelaksanaan operasi ketupat, polisi mengedepankan pengamanan Lebaran sebagai operasi kemanusiaan. “Jadi titik berat operasi ini adalah membantu para pemudik, agar merasa aman dan nyaman saat merayakan Lebaran. Ini operasi kemanusiaan. Beda lho dengan operasi memberantas teroris,” paparnya dihadapan anggota.
Wakapolda Jatim Brigjen Pol Eddi Sumantri berada di Sumenep untuk mengawasi sekaligus memotivasi jajarannya maupun personel instansi samping yang terlibat dalam pengamanan Lebaran.
“Sekali lagi, ini tugas kemanusiaan. Kami ingin membantu melayani masyarakat agar merasa nyaman saat berlebaran,” tegasnya. (sus)

Related posts

Ratusan Prajurit Korem 084 Bersih-Bersih Taman Makam Pahlawan

kornus

Gubernur Khofifah: Musrenbang RKPD Tahun 2022 Difokuskan pada Pemulihan Ekonomi, Pengembangan SDM, Kesehatan dan Infrastruktur Wilayah Selatan

kornus

120 Personel Kontingen Garuda UNIFIL ikuti Sosialisasi Umroh

kornus