KORAN NUSANTARA
hukum kriminal indeks

Untuk Mengantisipasi Daerah Rawan Kriminalitas, Polda Jatim Pasang 138 CCTV

logo lantas jatimSurabaya (KN)- Guna untuk mengantisipasi dan memantau daerah rawan kriminalitas di Jawa Timur, Dirlantas Polda Jatim memasang sebanyak 138 Closed Circuit Television (CCTV) Region Traffic Management Centre (RTMC) di berbagai titik di sejumlah daerah.

Dirlantas Polda Jatim, Kombes Pol Sam Budigusdian, saat dikonfirmasi wartawan di Mapolda Jatim, Kamis (31/3) menjelaskan, ruas-ruas jalan yang menjadi intaian CCTV RTMC adalah kawasan yang dinilai rawan kecelakaan lalu lintas, tindak kriminal, serta tempat-tempat perputaran perekonomian. Bahkan, 8 unit mobil CCTV telah disiapkan untuk memantau situasi secara mobiling. Diinformasikan, mobil ini juga bisa digunakan di lokasi tempat kejadian perkara (TKP) dalam sebuah insiden kecelekaan, tindak kriminal maupun unjuk rasa.

“Sebanyak 138 unit CCTV telah disebar ke seluruh titik di beberapa daerah di Jawa Timur, seperti di Surabaya saja ada 70 titik yang sudah kami pasang CCTV. Termasuk, di daerah lain seperti di Madiun, Sidoarjo, Gresik, Nganjuk serta beberapa daerah lainya di Jawa Timur,” jelasnya..

Untuk pengoperasian CCTV di RTMC, Ditlantas Polda Jatim juga mengerahkan personel terlatih. Sedikitnya ada 45 personel disiapkan untuk berjaga 24 jam penuh. Kesiagaan tersebut difokuskan dalam pengoperasian Closed Circuit Television (CCTV) pemantau lalu lintas. “Kami kendalikan CCTV ini langsung dari gedung Ditlantas Polda Jatim,” terangnya.

Ia mengungkapkan, dari jumlah personel tersebut dibagi dalam 3 shift dengan masing-masing regu ditempatkan 15 orang. Mereka bertugas secara sinergis dengan kemampuan terlatih dalam mengendalikan sistem RTMC.

“Para personel ini selalu siap mengontrol dan memantau pengendalian CCTV. Dan arah CCTV juga bisa dirubah sesuai dengan kebutuhan,” ujarnya.

Dengan program ini diharapkan bisa memantau kondisi lalu lintas di seluruh Jawa Timur, juga bisa membatasi ruang gerak pelaku kejahatan. Ratusan CCTV dengan kualitas tinggi yang terpasang itu mampu merekam gambar secara detil.

“RTMC ini sebagai pusat pusat komando, koordinasi, komunikasi dan informasi (K3I). Selain itu juga untuk membantu penegakkan hukum di bidang lalu lintas dan tindak kriminal,” tandasnya.(anto)

Related posts

Antisipasi Kejahatan di Dunia Maya, Polda Jatim Bentuk Tim Khusus Pemburu Kejahatan Ciber

kornus

Menteri ESDM Ngaku Bingung Listriki 500 Ribu Rumah Tangga Tak Mampu

redaksi

Cegah Covid-19, Sekdaprov Jatim Ajak Seluruh Elemen Masyarakat Disiplin Prokes

kornus