KORAN NUSANTARA
hukum kriminal indeks

Jelang Lebaran Polrestabes Terjunkan Tim Amankan Pengungjung Mall

AKP-SupartiSurabaya (KN) – Menjelang Hari Raya Idul Fitri (Lebaran) 2011 ini, polisi akan intensif menyambangi mall-mall yang ada di Surabaya. Kedatangan polisi ke mall itu berbelanja, melainkan untuk melakukan pengamanan. Potensi kejahatan seperti copet dan gendam memang marak di mall, maka polisi mengantisipasi aksi kejahatan di mall terhadap para penjahat yang memanfaatkan warga yang sedang berbelanja kebutuhan lebaran.
“Mall dan pusat perbelanjaan sekarang sedang ramai-ramainya dikunjungi oleh warga yang berbelanja kebutuhan lebaran. Karena itu kami langsung terjun melakukan pengamanan,” kata Kasubbag Humas Polrestabes Surabaya Kompol Suparti, saat dihubungi wartawan, Minggu (21/8/2011).
AKP Suparti menerangkan, bahwa yang melakukan pengamanan adalah Satuan Pengamanan Objek Vital (Pam Obvit). Dalam hal ini yang diterjunkan adalah Unit Pariwisata. Petugas berseragam coklat dengan variasi warna merah pada seragamnya itu akan melakukan patroli secara rutin setiap harinya ke 11 mall yang ada di Surabaya.
Tidak hanya di luar, mereka juga akan blusukan ke dalam mall, mengamati setiap situasi, kondisi dan aktifitas yang ada di dalam mall. Dalam melakukan pengamanan, petugas akan dibagi ke dalam dua shift. Shift pertama mulai pukul 09.00 – 14.00 WIB dan shift kedua mulai pukul 14.00 sampai waktu mall tutup. Pengamanan mall akan dilakukan baik sebelum dan sesudah lebaran. “Dalam hal pengamanan mall, kami selalu bekerjasama dengan sekuriti mall-mall tersebut tersebut,” terang AKP Suparti.
Dengan pengamanan ini diharapkan, para pengunjung mall bisa lebih nyaman dalam berbelanja. Dengan adanya polisi berseragam, para pengunjung mall tidak perlu khawatir akan tangan-tangan jahil yang akan mencopet atau merampas dompet dan tas mereka.
“Pengamanan yang terlihat memang ada pada petugas Unit Pariwisata. Tetapi tanpa disadari pengunjung, bahwa petugas berpakaian preman juga ada di sekitar mereka. Jadi kami juga melakukan pengamanan berlapis,” tandasnya. (anto)

Foto : AKP Suparti

Related posts

Korem 084/Bhaskara Jaya Peringati Hari Kebangkitan Nasional ke-110

kornus

Empat Tersangka Sabu Jaringan Nigeria Diamankan Petugas Gabungan Bea Cukai dan Polda Jatim

kornus

Dispendik Surabaya Klarifikasi Kesalahan Input Gambar pada Saat Sekolah Daring di SBO TV

kornus