KORAN NUSANTARA
indeks Surabaya

Tim Penggerak PKK Surabaya Sosialisasikan Pentingnya Minat Baca

Surabaya (KN) – Kini program meningkatkan minat baca itu pun direspon Tim Penggerak PKK Kota Surabaya. Untuk mensosialisasikan pentingnya minat baca, PKK akan mengadakan Gelar Pustaka dan Pawai Literasi Pustaka 2011 di Taman Bungkul, Minggu (4/12).

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Surabaya Diah Katerina mengatakan, tujuan acara itu adalah sebagai kontrol atas banyaknya tayangan TV yang cukup meresahkan masyarakat khususnya para orang tua dan pendidik. Banyak tontotan tak bermutu yang disaksikan anak-anak. Gelar ini juga untuk membudayakan membaca sekaligus mengimbau agar menonton tayangan televisi yang positif selama dua jam sehari bersama keluarga.

Tahun 2010-2011 ini, minat baca warga Surabaya meningkat. Ada peningkatan 30 persen dibandingkan periode sebelumnya, tahun 2008-2009 yang mencapai 26 persen dari jumlah penduduk.

Data ini diakui Kepala Bagian Arsip dan Perpustakaan Surabaya Arini Pakistyaningsih, bukan data asal atau data rekaan. Tapi itu data dari hasil survei yang dilakukan di sejumlah tempat di Surabaya.

Naiknya minat baca ini karena kepedulian pemerintah. Melalui Pemkot Surabaya, sudah banyak dibangun rumah baca yang penempatannya di lokasi strategis. Seperti di Balai RW, taman, dan sudut-sudut kota lainnya.

“Saat ini sudah ada 284 taman baca di seluruh Balai RW di Surabaya. Taman baca itu dilengkapi 1000 koleksi buku. Keberadaan rumah baca atau taman baca inilah yang mendongkrak minat baca warga, terutama anak-anak,” kata Arini. (anto)

 

Foto : Ketua Tim Penggerak PKK Kota Surabaya Diah Katerina

 

Related posts

DPC Pendukung Bayu Airlangga yakin AHY Pilih Calon Ketua DPD yang Dapat Dukungan Terbanyak di Musda Demokrat Jatim

kornus

Panglima TNI Tinjau Fasilitas Isoter Pasien OTG Covid-19 di Medan

kornus

Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 di RSDL Indrapura Capai 100 Persen

kornus