KORAN NUSANTARA
hukum kriminal indeks

Perampok Bersenpi Acak-Acak Bank Muamalat Cabang Rungkut

Surabaya (KN) – Menjelang akhir tahun aksi perampokan bank kembali menggoyang Surabaya. Kali ini perampokan mengacak-acak Bank Muamalat cabang Rungkut di Jl Rungkut Industri Kidul nomor 9 A Surabaya, Selasa (20/12). Menurut informasi yang dihimpun, perampokan itu terjadi Selasa (20/12) pagi sekitar pukul 07.45 WIB.

Kapolsek Rungkut Kompol Naufil Hartono mengatakan, pelaku diketahui satu orang menodongkan senjata api pada pegawai bank yang saat itu baru saja buka.

Menurut keterangan seorang anggota Reskrim yang sedang melakukan olah TKP, pelaku kemungkinan lebih dari satu orang. Belum diketahui menggunakan kendaraan apa, satu diantara mereka masuk dan menodongkan senjata api ke office boy. Tak lama kemudian perampok itu menodongkan senjata api ke petugas teller.

Sebelum merampok, pelaku juga melumpuhkan sejumlah pegawai Bank Muamalat, mengikatnya, dan disekap di dalam kamar mandi. “Sementara itu keterangannya, kita masih olah TKP, maaf,” kata Kapolsek Rungkut.

Sementara Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya Kompol Farman mengungkapkan, pelaku perampokan Bank Muamalat tersebut yang diketahui berjumlah satu orang itu berhasil membawa kabur uang sebanyak Rp 90 juta. “Kerugian bank Rp 90 juta,” terangnya kepada wartawan di lokasi kejadian, Selasa (20/12).

Perampokan bank dengan modus serupa, menyekap karyawan bank juga pernah terjadi di BRI cabang Banyu Urip pada 9 Agustus 2011 lalu. Waktu itu seorang pelaku menyekap belasan karyawan BRI di dalam kamar mandi dan mengambil uang Rp79 juta dari brankas

Kompol Farman mengatakan, dalam perampokan ini, pelaku memang tidak merusak CCTV sehingga aksinya seharusnya bisa ditangkap kamera. “Masih kita teliti dulu rekaman CCTVnya,” katanya.

Tentang senjata api yang dibawa pelaku, polisi juga belum bisa memastikan jenisnya. “Belum pasti juga senjata api betulan, tapi bisa jadi sungguhan. Kita belum tahu,” tambahnya.

Dari keterangan Johnson saksi mata penjaga toko yang ada di sebelah Bank Muamalat, pelaku diketahui mengenakan helm teropong dan berjaket hitam. Saksi mata yang tidak tahu itu adalah aksi perampokan mengatakan saat kejadian, perhatian orang-orang sekitar memang tidak fokus ke Bank Muamalat. Selain karena tidak tahu ada perampokan juga karena waktu itu ada kecelakaan lalu lintas di dekat TKP. (red)

Foyo : Iluetrasi perampok bersenpi

Related posts

Menjelang Pilkada Jatim 2018, Ribuan Personel TNI di Disiagakan

kornus

Polisi Dalami Enam Pelaku Penculikan Yang Mengatasnamakan Densus 88

kornus

Digandeng PLN, ITS Kuatkan Sektor Industri

kornus