KORAN NUSANTARA
indeks Surabaya

Peringati HKSN Dinsos Surabaya Gelar Karya warga Binaan

Surabaya (KN) – Dalam rangka memperingati Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) yang jatuh pada tanggal 20 Desember, Dinas Sosial (Dinsos) Kota Surabaya menyelenggarakan Gelar Karya Warga Binaan.Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari, pada tanggal 21-22 Desember 2011 di BG Junction Jl Bubutan No. 1, Surabaya. Gelar Karya Warga Binaan ini akan menampilkan hasil karya warga Kota Surabaya meliputi seni, olahraga, budaya, dan lingkungan.

Disamping itu, juga diadakan pemeriksaan kesehatan gratis dan Lomba Paduan Suara Lansia. “Para peserta yang menampilkan karyanya adalah warga yang telah mendapatkan pelatihan dan pembekalan dari Dinsos Surabaya,” ujar Kadinsos Surabaya Eko Haryanto.

Tercatat sebanyak 75 kelompok peserta akan turut menyemarakkan acara ini. Mereka berasal dari Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), BNK Kota Surabaya, Karang Taruna, Karang Werda, Tagana (Taruna Siaga Bencana), KUBE (Kelompok Usaha Bersama, Rumah Singgah, Panti Asuhan, dan Masyarakat Peduli Sosial.
“Tak ketinggalan, kelompok penyandang cacat juga akan menampilkan karyanya. Dengan keterbatasan fisik yang dimiliki, namun semangatnya dalam berkarya patut diacungi jempol,” kata Eko.

Lebih lanjut, Eko mengatakan, pada akhirnya melalui kegiatan ini diharapkan terjadi interaksi antara peserta Gelar Karya dan pengunjung sehingga ada pertukaran informasi untuk pengembangan hasil karya para peserta. Sekaligus, membuka peluang usaha untuk mendapatkan akses pasar yang lebih luas dalam pengembangan Usaha Ekonomi Produktif Warga Binaan Dinas Sosial.

Untuk diketahui, saat ini sebanyak 860 UKS (Usaha Kesejahteraan Sosial) dan Lansia Kota Surabaya telah mengikuti Program Pembinaan dan Peningkatan Kapasitas UKS yang diselenggarakan oleh Dinsos. Beberapa program yang dimaksud diantaranya pelatihan keterampilan bagi lansia, pelatihan tehnik pendampingan penanganan PMKS (Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial), pembinaan lansia di 5 wilayah, pembinaan karang werda dan lomba senam bugar lansia dan gerak jalan sehat lansia. (anto)

Related posts

Gempa Solok Selatan, PLN Putuskan Aliran Listrik

redaksi

Awal Tahun, Pangdam Brawijaya Resmikan Turnamen Sepak Bola KU-12

kornus

KPU Surabaya Belum Tetapkan Anggota DPRD Surabaya Terpilih

kornus