KORAN NUSANTARA
Headline indeks Jatim

Pangdam V/Brawijaya Ajak Insan Pers Dukung Terwujudnya Stabilitas Keamanan di Jatim

PangdamV-Brawijaya-Mayjen TNI -SumardiSurabaya (KN) – Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI Sumardi mengajak kepada seluruh insan pers untuk mendukung kinerja dan program TNI dalam mewujudkan stabilitas keamanan di wilayah Provinsi Jawa Timur.“Peran media sangat besar dalam membangun situasi yang kondusif guna menjaga stabilitas keamanan khususnya di wilayah Jawa Timur,” kata Pangdam saat Coffee Morning bersama insan pers se-wilayah Surabaya di Makodam V/Brawijaya, Kamis (20/8).

Selain itu, pertemuan ini juga sekaligus melanjutkan hubungan yang telah terjalin, sehingga ke depan dapat memudahkan untuk saling berbagi informasi serta bekerjasama dalam menciptakan kondisi aman dan rasa aman melalui distribusi informasi yang proporsional.

“Media adalah cerminan dari berbagai peristiwa di masyarakat dan dunia, yang merefleksikan pergerakan peradaban yang sangat dinamis. Karena itu, media massa diharapkan mampu berperan dalam upaya turut merekonstruksi kondisi masyarakat atau realitas sosial ke arah yang lebih baik.” Tuturnya.

Lebih lanjut dikatakan Pangdam, saat ini situasi yang berkembang di berbagai daerah terlihat ada sejumlah persoalan yang berpengaruh pada eskalasi keamanan. Masih terjadi beberapa gejolak di beberapa daerah di Indonesia, mulai dari persoalan ekonomi yang belum stabil, ketersediaan bahan pangan sampai pada persoalan sosial seperti bahaya narkoba.

“Disinilah harapan besar kodam kepada rekan-rekan media melalui pemberitaannya, khususnya dalam upaya membantu meredam setiap permasalahan sosial, ekonomi dan keamanan yang terjadi di masyarakat yang mempunyai potensi konflik atau dampak gangguan terhadap keamanan dan kepentingan negara dalam arti luas,” ungkapnya.

Atas dasar itu pula, ia mengajak rekan-rekan wartawan untuk bermitra dan bersama-sama membangun pesan-pesan komunikasi positif yang dapat menciptakan situasi kondusif di tengah-tengah masyarakat.

“Jika dalam waktu dekat yaitu sekitar bulan Desember 2015 akan dilaksanakan Pilkada Serentak di seluruh Indonesia termasuk Jawa Timur. maka saya berharap kepada rekan-rekan semua, ikut peduli dan berpartisipasi aktif dalam menciptakan situasi dan kondisi Jawa Timur yang kondusif,” harap Pangdam.

Dengan koordinasi yang baik, kegiatan Pilkada serentak diharapkan berjalan tertib, aman dan lancar. Optimalisasi peran aparat TNI AD khususnya Kodam V/Brawijaya bersama-sama dengan masyarakat, instansi pemerintah daerah dan insan media menjadi sarana yang tepat untuk mendeteksi secara dini segala gejala yang timbul dan membahayakan kehidupan masyarakat, bangsa dan negara Indonesia.

Ketua PWI Jatim, H Akhmad Munir menyampaikan dibanding provinsi lain di Indonesia, Jatim relatif aman. Hal ini dikarenakan masyarakat pers besama jajaran kodam dapat bersinergi sesuai tugas masing-masing untuk mencapai target, Jatim aman, kondusif dan sejahtera.

Di Jatim lanjut Munir, profesionalisme pers sangat terjaga, karena seluruh media sangat menjunjung tinggi kode etik jurnalistik. (wan)

Related posts

Hentikan Karhutla Gunung Arjuno, Gubernur Khofifah Pimpin Operasi Water Bombing

kornus

TNI Serang Markas OPM di Puncak Jaya, 1 Tewas

redaksi

Soal IPO Anak Usaha Pertamina, Nicke: Ini bukan pelepasan saham negara