KORAN NUSANTARA
indeks Jatim

LEBARAN 2011, JASA RAHARJA SIAPKAN BUS GRATIS 30 UNIT

jasa raharja logo-20100819234316Surabaya (KN) – Pada Lebaran 2011 ini PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Jawa Timur akan menggelar mudik gratis untuk masyarakat, khususnya bagi yang memiliki kendaraan roda dua. Pada mudik gratis kali ini, Jasa Raharja Jatim menyiapkan 30 bus.Kepala Humas PT Jasa Raharja Cabang Jatim Purwono SH, di kantornya, Senin (11/7) mengatakan, mudik gratis lebaran ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Pada tahun lalu, PT Jasa raharja menyiapkan 25 bus, kini meningkat jumlah bus mudiknya menjadi 30 bus atau bertambah lima bus.

“Seperti tahun lalu, mudik gratis ini tetap dikhususkan bagi masyarakat yang memiliki kendaraan roda dua. Tentunya, persyaratannya harus melampirkan foro kopi STNK kendaraan,” ujarnya.

Dia menjelaskan, dengan menjaring pemudik yang memiliki kendaraan roda dua ini diharapkan mampu mengurangi jumlah pengguna kendaraan roda dua di jalan. Dengan berkurangnya jumlah pengguna kendaraan tersebut, maka semakin memperkecil atau mengurangi kejadian kecelakaan di jalan. “Selama ini, kejadian kecelakaan terbanyak cenderung didominasi oleh kendaraan roda dua, yakni 75% setiap tahunnya,” terangnya.

Purwono menuturkan, mudik bareng yang akan digelar pada akhir Agustus mendatang itu merupakan bagian dari upaya mengalihkan pemudik yang menggunakan roda dua ke bus agar lebih nyaman dalam melakukan perjalanan mudiknya. Pelaksanaan pemberangkatan mudik tahun ini direncanakan pada 27 Agustus mendatang.

“Kepastian pemberangkatan dan penempatan lokasi sedang dalam pembahasan. Akan tetapi, ada wacana diberangkatkan dilapangan Makodam V Brawijaya, tapi itu masih dibicarakan lagi tentunya dengan jajaran terkait,” tuturnya.

Menurut dia, bertambahnya jumlah bus yang disediakan pada Lebaran tahun ini dikarenakan program mudik bareng gratis sukses karena animo masyarakat sangat tinggi.

Selain menggelar mudik bareng lanjut dia, Jasa Raharja juga terus-menerus gencar melakukan kampanye keselamatan di jalan maupun kampus. Hal ini dilakukan karena berdasarkan catatan resmi sudah diatas 30.000 orang meninggal sia-sia akibat kecelakaan. Dari angka itu, 70 persen berasal dari kalangan para pelajar dan mahasiswa. “Sebagian besar korban yang meninggal rata-rata masih diusia produktif mulai dari umur 14 hingga 40 tahun,” imbuhnya.

Adapun rute yang disediakan Jasa Raharja yang memanfaaatkan mudik bareng di antaranya jurusan ke Banyuwangi, Madiun, Ponorogo, Malang, Situbondo, Jember, Blitar, Bojonegoro, Kediri, Tulungagung, Trenggalek. Selain melayani mudik gratis wilayah Jatim, Jasa Raharja juga melayani mudik gratis ke Jateng yakni Solo,Jogjakarta, dan Semarang

“Untuk pendaftarannya, kami buka pada pertengahan Agustus. Karena itu, bagi masyarakat yang berminat bisa datang langsung ke Kantor PT Jasa Raharja Jatim di Jl Diponegoro Surabaya pada jam kerja,” tuturnya. (ris)

Related posts

Personil TNI – Polri di Jatim Diterjunkan Untuk Mengawal Langsung Penerapan PPKM Mikro Hingga Tingkat RT dan RW

kornus

Laksanakan Wasiat Gus Zaki, Alumni Ponpes Tebuireng Satu Suara Dukung Eri Cahyadi

kornus

Kapolri : Ada Delapan Stake Holder yang Menentukan Keberhasilan Pilkada

kornus