KORAN NUSANTARA
indeks Jatim

GUS IPUL MINTA PEMBAGIAN ZAKAT TEPAT SASARAN

Surabaya (KN) – Wakil Gubernur Jatim Drs H Saifullah Yusuf minta Badan Amil Zakat  (BAZ) membagi zakat tepat sasaran kepada yang membutuhkan. BAZ telah mengumpulkan dana dari donator melalui tiap Unit Pengumpulan Zakat (UPT) di berbagai instansi baik di pemerintah maupun swasta.

Hal tersebut disampaikan Gus Ipul sapaan akrab Wagub Jatim Saifullah Yusuf, di sela-sela buka bersama BAZ dengan seribu anak yatim di Hotel Novotel Surabaya, Rabu (25/7) petang.

“BAZ akan mengelola zakat dari instansi pemerintah dan swasta melalui unit pengumpulan zakat dari instansi pemerintah maupun swasta secara profesional, terukur, dan tepat sasaran,” kata Gus Ipul sapaan akrab Wagub Jatim itu.

“Petugas zakat melakukan himbauan kepada staf maupun karyawan swasta dalam mengumpulkan sumbangan. Jadi tidak ada unsur paksaan tetapi kerelaan,”ujarnya.

Selama bulan puasa nilai zakat saat ini sudah terkumpul sejumlah dua milyar rupiah yang akan dibagikan ke wilayah yang padat penduduk miskin se-Jatim. Sebelumnya BAZ sudah mengumpulkan empat milyar rupiah.

“Zakat yang dikumpulkan selama bulan puasa akan dibagikan di wilayah padat penduduk se Jatim,”katanya.

Gus Ipul menilai, Zakat bisa menurunkan angka kemiskinan di Jatim. Oleh karenanya BAZ merekrut tenaga professional muda yang kompeten di bidang zakat dan mengelola program organisasi yang bermanfaat bagi umat.

“Zakat dinilai bisa ikut menurunkan angka kemiskinan di Jatim. Oleh karenanya BAZ Jatim akan mengelola dan bekerja sama dengan professional muda yang mampu di bidang Zakat dan mengelola program-program organisasi,”ujarnya.

Sementara itu, program pendistribusian yang dilakukan BAZ Jatim yaitu santunan tunai untuk dhuafa sebesar Rp. 200 ribu per bulan selama setahun, renovasi 41 rumah di kampong idiot Ponorogo, bantuan dana beasiswa Rp. 800.000 per tahun untuk siswa SMA/SMK, Bantuan alat sekolah untuk siswa SD/SMP, layanan pengobatan dan ambulan gratis, Jaminan dana kesehatan bagi keluarga miskin yang tidak tercover Jamkesda/Jamkesmas serta bantuan modal bagi UMKM.

Buka puasa dihadiri 1000 anak yatim dari 10 kecamatan se-Surabaya yakni, Kecamatan Genteng, Tambaksari, Sukomanunggal, Lakarsantri, Mulyorejo, Gubeng, Semampir, Gayungan, Dukuh Pakis, dan Sawahan. (red/humaspemprov)

 

Foto : Gus Ipul saat berbuka puasa bersama 1000 anak yatim piatu

Related posts

Emil Dardak: Hadapi Industri 4.0, Tenaga Kerja Harus Up Skilling dan Re Skilling

kornus

ITS-DAS Certification, Tingkatkan Sertifikasi Keahlian

kornus

Bakamla RI Gelar Operasi Udara Maritim dengan Target Kapal Perilaku Anomali

kornus