KORAN NUSANTARA
indeks Surabaya

Guna Mewujudkan Kualitas Udara, Pemkot Adaka Uji Emisi Gratis

dsc_0179Surabaya (KN) – Dalam rangka mendukung pelaksanaan Program Langit Biru guna mewujudkan kualitas udara bersih di daerah perkotaan. Kementerian Lingkungan Hidup bekerjasama dengan Pemerintah Kota Surabaya mengadakan uji emisi gratis.Uji emisi gratis ini dilaksanakan selama 3 hari mulai, Selasa (12/7), pukul 08.00 – 15.00 WIB, di halaman balai Kota Surabaya Jl Taman Surya, Rabu (13/7) pukul 08.00 – 15.00 di Jl. Bukit Darmo Boulevard (depan Restoran De Cost), dan Kamis (14/7) pukul 08.00 – 15.00 di Jl. Kertajaya Indah (samping kolam renang KONI).
Selama 3 hari pelaksanaan uji emisi, Pemkot menargetkan 1500 kendaraan bermotor. Rencananya, hasil penilaian evaluasi uji emisi tahun 2011 ini akan dimasukkan ke dalam penilaian Program Adipura untuk poin kualitas udara.
Hamidah, Kabid Pemulihan Kualitas Lingkungan, Badan Lingkungan Hidup Kota Surabaya menuturkan, kondisi kendaraan bermotor sangat berpengaruh terhadap kualitas udara suatu kota, khususnya kota besar yang jumlah kendaraan bermotornya sangat tinggi. Oleh karena itu, masyarakat diharapkan mau memanfaatkan uji emisi tersebut.
“Uji emisi ini juga sebagai sarana evaluasi bagi masyarakat agar memahami kondisi kendaraannya. Karena jika tidak lolos uji emisi, maka performa kendaraannya pun juga tidak maksimal,”tandas Hamidah.
Sebagai informasi, ambang batas emisi CO kendaraan berbahan bakar bensin untuk tahun pembuatan dibawah 2007 adalah 4,5%, serta 1,5% untuk tahun pembuatan diatas 2007. Sedangkan ambang batas emisi kendaraan berbahan bakar solar, maksimal opasitasnya adalah 70%. Ambang batas tersebut ditetapkan berdasarkan Kepmen LH No. 05 Tahun 2006.
Kabag Humas Pemkot Surabaya Nanis Chairani menambahkan, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kualitas emisi kendaraan. Diantaranya, melakukan penyetelan (tune-up) kendaraan secara teratur, menggunakan bahan bakar ramah lingkungan, menghindari penggunaan mesin dengan putaran tinggi, serta memeriksa emisi kendaraan bermotor di bengkel secara berkala.
“Dengan melakukan langkah-langkah tersebut, selain menjaga kualitas kendaraan bermotor, masyarakat juga turut serta menjaga kualitas udara,” ujarnya.(anto)

Foto : Pemkot adakan uji emisi

Related posts

Tinjau Hewan Kurban di RPH Surabaya, Emil Dardak : Mari Wujudkan Hari Raya Idul Adha Tahun 2022 Sehat dan Aman

kornus

46 Hotel Dukung Penggunaan Produk UMKM dan Berdayakan Masyarakat

kornus

Kapolri Luncurkan Buku “Democratic Policing” Untuk Polisi Pemikir

kornus