KORAN NUSANTARA
ekbis Headline indeks Surabaya

Berlaku tarif Baru Jasa Potong, Laba RPH Surabaya Rp1 Miliar Hingga Mei 2023

Jasa potong hewan di RPH Surabaya.

Surabaya (mediakorannusantara.com) – Komisi B DPRD Surabaya melanjutkan pembahasan Raperda Kota Surabaya tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kota Surabaya Tahun Anggaran 2022, pada Rabu (06/07/2023). Agenda pembahasan salah satunya dilakukan bersama PD RPH Surabaya, sebagai mitra kerja.

Dalam rapat tersebut, Direktur Utama PD RPH Surabaya Fajar Arifianto Isnugroho menjelaskan, memasuki tahun 2023 mendapat laba sebesar Rp1.064.858.895. Laba itu dicapai hingga Mei 2023.

“Sedangkan di tahun 2022 laporan keuangan PD RPH masih mengalami kerugian sebesar Rp830.527.229. Meskipun ada perbaikan di sektor pendapatan namun belum bisa menutup biaya operasional,” imbuhnya.

Lebih lanjut Fajar menjelaskan pendapatan PD RPH Surabaya disektor jasa dan niaga di tahun 2022, sebesar Rp9,2 milyar. Jumlah tersebut naik dibandingkan tahun 2021 sebesar Rp7,6 milyar.

“Namun beban HPP (Harga Pokok Penjualan dan usaha tinggi naik 1 persen dari tahun 2021. Yaitu sebesar Rp10,5 milyar. Pengeluaran tertinggi di gaji, beban angkut kotoran, penyusutan bangunan, listrik dan bahan bakar,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi B Anas Karno, mengapresiasi perolehan laba PD RPH Surabaya dibandingkan 2 tahun sebelumnya. Apalagi laba tersebut jumlahnya cukup signifikan.

“Laba yang diperoleh ini merupakan dampak dari penyesuaian tarif jasa potong yang sudah diberlakukan mulai tahun 2023. Setelah sebelumnya mendapat persetujuan dari Wali Kota dan Komisi B, pada akhir tahun lalu,” jelasnya.

Menurut Anas Karno, dari penyesuaian tarif jasa potong tersebut, PD RPH Surabaya kini mempunyai potensi mendapatkan laba, dari kegiatan usahanya, setelah dihitung dengan biaya beban usaha.

“Dengan adanya penyesuaian tarif jasa potong yang berlaku, membuat progres pendapatan RPH saat ini menjadi lebih baik,” terangnya.

Berdasarkan data dari RPH Pegirian Surabaya, jasa pemotongan sapi yang semula Rp50 ribu menjadi Rp100 ribu. Sementara kambing dari Rp7.500 menjadi Rp15 ribu dan babi dari Rp65 ribu menjadi Rp115 ribu.

Legislator Fraksi PDI Perjuangan kota Surabaya tersebut berharap, supaya PD RPH Surabaya terus bekerja keras, agar perolehan laba bertambah. Sehingga bisa menghasilkan deviden untuk PAD Kota Surabaya.

“Kita berharap hingga di akhir tahun 2023 RPH bisa mendapat laba Rp2 milyar. Kita di Komisi B akan terus mensupport. Ini masih ada waktu 7 bulan kedepan, kerja RPH wajib dimaksimalkan. BUMD Surabaya harus sehat dan berkontribusi bagi PAD Surabaya,” ujar Anas Karno. (jack)

Related posts

Ketua MUI Nilai Aksi 299 Tak Perlu

kornus

Pemprov Jatim Terus Berupaya Mengurangi Kemiskinan dan Pengangguran

kornus

Kukuhkan Paskibraka Jatim, Gubernur Khofifah Pesan Jaga Merah Putih dan NKRI

kornus