KORAN NUSANTARA
indeks Jatim

Wilayah Jatim Memasuki Musim Pancaroba

Surabaya (KN) – Sebagian besar wilayah Jatim pada bulan Oktober ini telah memasuki musim pancaroba atau pergantian musim ke musim hujan, sehingga menyebabkan cuaca pada umumnya berawan dan berpeluang terjadi hujan dengan intensitas ringan. Sementara angin dari timur-selatan dengan kecepatan 05-35 km per jam dan suhu udara berkisar 17-35 derajat celcius.

Kepala Seksi Data dan Informasi  Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Klas I Juanda, Agus Tri Suhono mengatakan, daerah yang berpeluang hujan ringan diantaranya Malang, Pasuruan, Banyuwangi, Jember, dan Blitar. Sedangkan daerah berawan meliputi Sumenep, Bawean, dan Nganjuk,  dan daerah dengan cuaca cerah-berawan dapat terjadi di Pacitan dan Madiun.

Lebih lanjut Agus mengatakan,  cuaca di Surabaya dan sekitarnya umumnya cerah-berawan,  angin dari timur dengan kecepatan  05-40  km per jam.  Suhu udara berkisar 25-35 derajat celcius dengan kelembapan 45-88 persen dan jarak pandang  4-10 Km.  Matahari dierkirakan akan terbit pukul 05:06 dan terbenam pukul 17:23.

Prakirawan BMKG Maritim Perak, Sylvia Andjarwati  MT mengatakan, cuaca di perairan Jatim pada umumnya berawan, angin dari timur-tenggara dengan kecepatan 8-26 knot. Tinggi gelombang maksimum mencapai 1,3-3,0 meter.  (ms)           

Related posts

Jurnalis Palopo Dipidana Karena Pemberitaan, Dewan Pers Sebut Turunnya Indeks Demokrasi

kornus

Penyebaran Covid-19 di Jatim Menyasar Usia Anak-Anak, Wagub Emil Minta Warga Tingkatkan Kewaspadaan Menjaga Prokes Secara Ketat

kornus

Gubernur Jatim Soekarwo Pimpin Apel Pagi Hari Pertama Kerja 2013

kornus