KORAN NUSANTARA
Hankam indeks Surabaya

Walikota Lepas 3.244 Calon Jemaah Haji Surabaya

Surabaya (KN) – Walikota Surabaya Tri Rismaharini bersama Kepala Kantor KementerianAgama Kota Surabaya dan Kepala Dinas Sosial Kota Surabaya melepas Calon Jamaah Haji (CJH) Surabaya pada Selasa (27/9), di Masjid Agung  Al-Akbar. Berdasarkan data Kementerian Agama Kota Surabaya, CJH yang dipastikan berangkat dariSurabaya sebanyak 3.244 orang, terdiri dari 1.495 laki-laki (46,08%) dan 1.749 perempuan(53,91%). Dari keseluruhan calon jamaah yang akan berangkat haji, sebagian besar belumpernah menunaikan ibadah haji, yakni sebanyak 3.159 orang sedangkan 85 orang tercatat sudahpernah berangkat haji.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Surabaya, H Suwito menjelaskan, sesuai dengan Peraturan Menteri Agama RI No. 6 Tahun 2010 yang menegaskan, mulai tahun 2010 pendaftaran haji menggunakan Siskohat On Line dengan tabungan awal sebesar Rp 25 juta dan dibuka sepanjang tahun.

Pemberangkatan CJH dibagi menjadi 90 kloter, kloter pertama dijadwalkan berangkat pada 2 Oktober 2011 mendatang. Sedangkan kloter paling akhir akan meninggalkan tanah air pada 31 Oktober 2011. “Untuk jadwal kepulangan, kloter 1 akan tiba di Indonesia pada 12 Nopember 2011. Kloter 90 direncanakan kembali menginjakkan kaki di tanah air pada 11 Desember 2011,” kata Suwito.

Pada kesempatan itu, Walikota Tri Rismaharini mengingatkan para CJH bahwa ibadah haji merupakan kewajiban umat muslim dalam memenuhi panggilan Allah SWT. Tujuan utamanya adalah untuk menunaikan Rukun Islam yang ke 5. “Jaga kesehatan dan pola makan, agar dapat menjalankan ibadah haji dengan lancar,” himbaunya.

Risma juga berharap, para CJH mendapat Hidayah sehingga dapat membawa kesejahteraan bagi diri sendiri, keluarga maupun Kota Surabaya. (anto)

 

Foto : Walikota Tri Rismaharini saat melepas CJH Surabaya

 

 

Related posts

9 Kota di Jatim Akan Lakukan Uji Coba Penyaluran Raskin Menggunakan Voecher

kornus

Polrestabes Surabaya Tangkap WNA Asal Korea

kornus

Rumah Masa Kecil Walikota Risma Di Jl Bratang Binangun Disulap Jadi Kedai Kafe ‘Historisma’*

kornus