KORAN NUSANTARA
indeks Jatim

Wagub Jatim: Potensi Wisata Di Jatim Sangat Melimpah

syaifullah-yusufSurabaya (KN) – Wagub Jatim Syaifullah Yusuf saat ditemui wartawan di sela-sela pembukaan campus expo 2011 di Tunjungan Plaza lantai III Kamis (5/5) mengatakan, potensi wisata di Jawa Timur sangat melimpah, tetapi masih belum mendapatkan perhatian serius. Karena itu, saat ini pemerintah telah fokus dalam menggarap tiga bidang, yaitu trade tourism dan investmen.
Pariwisata Jatim merupakan penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) Jatim tertinggi ketiga. Kondisi inilah, kata Wagub, selain mendorong lembaga pendidikan untuk membuka konsentrasi pariwisata, pemprov juga akan mendirikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan konsentrasi bidang pariwisata. Dengan pembangunan ini diharapkan mampu memenuhi permintaan sumber daya manusia bidang pariwisata.
Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jatim Dr Jarianto saat dikonfirmasi mengatakan, Kontribusi sektor jasa pariwisata terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Jatim mengalami peningkatan yang signifikan, yakni sekitar 21,05 persen dari setoran tahun 2009 ke tahun 2010. Secara rinci kontribusi pariwisata Jatim naik menjadi Rp 48,12 triliun
Jarianto menjelaskan, pada 2009 kontribusi sektor jasa pariwisata terhadap PDRB Jatim mencapai Rp 39,75 triliun, pada 2010 naik hampir Rp10 triliun menjadi Rp 48,12 triliun. “Ini menunjukkan bila sektor jasa pariwisata mengalami pertumbuhan yang prospektif,” ujarnya.
Dia menegaskan pada tahun ini diharapkan ada pertumbuhan yang relatif sama dibandingkan tahun lalu. Harapannya ada peningkatan dengan kisaran 20%-25% atas setoran PDRB dari jasa pariwisata, atau bisa mencapai Rp 60-62 triliun.
Menurut Jarianto, upaya ini akan didorong seiring dengan adanya program tahun kunjungan wisata Jatim. “Pemprov Jatim telah mencanangkan Visit East Java 2011 sehingga mesti akan ada pertumbuhan PDRB dari sektor pariwisata dan derivasinya pada tahun ini,” ujarnya.
Salah satu rangkaian acara dalam mensukseskan visit east java 2011, sebentar lagi akan digelar Majapahit Travel Fair di Surabaya. MTF akan digelar pada 19-22 Mei 2011 di Grand City Surabaya. Ada tujuh kegiatan utama dalam acara MTF 2011, antara lain Travel Exchange (Travex) dalam bentuk table top business meeting. Travex merupakan wahana pertemuan antara penjual (seller) dan pembeli (buyer). Saat ini jumlah buyer sudah tercatat sekitarĀ  53 orang diantaranya 24 dari Vietnam, Malaysia, India, Cina, dan Singapura. Sementara buyer dari dalam negeri sebanyak 29 orang yakni Solo, Makasar, Jakarta, Bali, Manado, Medan, Jogjakarta, dan Bandung.(rif)

Foto : Wagub Jatim Saifullah Yusuf

Related posts

BPKP Wajibkan Instansi Di Pusat dan Daerah Utamakan Pengadaan Barang Dalam Negeri

kornus

Pemerintah Berhentikan 21 PNS

kornus

Polda Jatim Selamatkan 13 Gadis Korban Traffiking

kornus