KORAN NUSANTARA
indeks Nasional

TNI AL Menjamin Keamanan dan Tegaknya Hukum Perairan Yurisdiksi Indonesia

Surabaya (KN) – Dengan adanya komitmen nasional yang menempatkan sektor kelautan sebagai salah satu andalan pembangunan nasional di masa mendatang, menuntut peran TNI Angkatan Laut, dalam menjamin keamanan dan tegaknya hukum di seluruh perairan yurisdiksi Indonesia.Penegasan tersebut disampaikan Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Ade Supandi, SE pada saat memimpin upacara serahterima jabatan Komandan Guspurlatim dan Komandan Satuan Kapal Eskorta (Satkor) Koarmatim yang berlangsung di Dermaga Koarmatim Ujung, Surabaya, Selasa (10/1).

Jabatan Komandan Guspurlatim yang sebelumnya dijabat Laksamana Pertama TNI Sulaeman Banjar Nahor, MSc digantikan oleh Laksamana Pertama TNI Arie Sudewo, selanjutnya Laksamana Pertama TNI Sulaeman Banjar Nahor MSc menjabat Iropslat Itjenal Mabes AL di Jakarta.

Sedangkan jabatan Komandan Satkor Koarmatim, diserahterimakan dari Kolonel Laut (P) Dadi Hartanto kepada penggantinya Kolonel Laut (P) Yudo Margono, selanjutnya Kolonel Laut (P) Dadi Hartanto akan melaksanakan pendidikan Sesko TNI.

Dikatakan Pangarmatim, krisis multidimensi yang belum sepenuhnya dapat diatasi, berdampak pada terbatasnya kemampuan pemerintah dalam menyediakan alokasi anggaran pertahanan, sehingga berpengaruh terhadap upaya penyiapan unsur-unsur TNI Angkatan Laut secara optimal.

“Menyikapi kondisi tersebut, kita tidak boleh menyerah pada keadaan, akan tetapi harus kita jawab dengan upaya kerja keras dan kerja cerdas melalui peningkatan profesionalisme dan inovasi yang mengedepankan efisiensi dan efektivitas dengan mempertajam skala prioritas sehingga mampu menghasilkan produktivitas kerja yang lebih baik,” kata Pangarmatim.

Sementara itu, pada hari yang sama di Gedung Candrasa Pangarmatim Laksamana Muda TNI Ade Supandi, SE juga memimpin upacara serahterima tiga jabatan setingkat kadis (kepala dinas). Ke tiga jabatan tersebut yaitu, jabatan Kadisminpersarmatim diserahterimakan dari Kolonel Laut (P) R Joko Heriyanto kepada Kolonel Laut (P) Umar Arief. Jabatan Kadisharkaparmatim yang sebelumnya dijabat Kolonel Laut (T) Ir Aziz Ikhsan Bachtiar diserahterimakan kepada Kolonel Laut (T) Sri Widodo. Sedangkan jabatan Kadiskesarmatim dari Kolonel laut (K) IDG Nalenpra, SpB, SpBTKV(K) diserahterimakan kepada Kolonel Laut (K) Drg R Indra Primadya, MAP.

Seusai pelaksanaan sertijab dilanjutkan dengan acara ramah tamah di ruang Longue Majapahit. Di tempat ini pula Pangarmatim Laksamana Muda TNI Ade Supandi, SE me-launching buku khas prajurit TNI AL. Buku tersebut terdiri dari lima jilid, yaitu jilid I Tugas dan Tanggung jawab Perwira Pelaut di KRI, jilid II Pengetahuan Dasar Navigasi dan bahari, jilid III Perwira Peperangan, jilid IV tentang hukum dan jilid V tentang tradisi dilingkungan TNI AL. (rif)

Related posts

Good Mining Practices Award 2022, SIG Raih Tiga Penghargaan Kementerian ESDM

kornus

Lantik 17 Bupati dan Walikota, Gubernur Khofifah Minta Kepala Daerah Kerja Cepat, Tepat dan Detail

kornus

Kasum TNI : Siswa SMA TN Harus Miliki Integritas dan Jiwa Patriotisme

kornus