KORAN NUSANTARA
Headline indeks Nasional Surabaya

Surabaya Raih Penghargaan Kota Terbaik Kedua Nasional Penyelenggaraan Pemerintah Daerah

Wali kota Surabaya menerim penghargaan.

Surabaya (mediakorannusantara.com) – Kota Surabaya berhasil mendapatkan penghargaan Kota Terbaik Kedua Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah dengan skor 3,43 dan Status Kinerja Tinggi berdasarkan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EPPD) 2022 yang digelar oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Kota Terbaik Pertama diraih oleh Kota Semarang dengan skor yang sama dengan Kota Surabaya.

Penghargaan itu diberikan langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian pada Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) XXVII di Anjungan Pantai Losari Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (29/4/2023) kemarin. Karena Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi berhalangan hadir dalam acara tersebut, akhirnya penghargaan itu diwakilkan dan diterima oleh Kepala Bagian Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Arief Boediarto.

Seusai menerima penghargaan itu, Kepala Bagian Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Arief Boediarto mengaku bersyukur karena Surabaya berhasil mendapatkan penghargaan Kota Terbaik Kedua penyelenggaraan Pemerintah Daerah dari Kemendagri. Ia menjelaskan bahwa penghargaan itu berhasil diraih setelah adanya evaluasi dari Kemendagri terhadap kinerja Pemkot Surabaya.

“Jadi, ada 32 urusan pemerintahan plus 5 fungsi penunjang urusan pemerintahan yang dinilai dan dievaluasi. 32 urusan pemerintahan itu adalah 6 urusan wajib pelayanan dasar (pendidikan, kesehatan, pekerjaan, perumahan rakyat, trantibun, dan sosial), lalu 18 urusan wajib yang tidak berkaitan dengan pelayanan dasar, serta 8 urusan pilihan,” kata Arief.

Selanjutnya, hal ini dicocokkan dan diverifikasi dengan turun lapangan oleh tim yang sifatnya nasional dan tim ini merupakan gabungan dari beberapa departemen terkait. “Alhamdulillah kita berhasil melewati itu semua berdasarkan arahan dan bimbingan serta kebijakan dari Bapak Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi yang selalu memberikan pelayanan yang terbaik kepada warganya, sehingga kesejahteraan warga juga semakin meningkat,” tegasnya.

Menurut Arief, penghargaan ini akan semakin melecut semangat teman-teman ASN di lingkungan Pemkot Surabaya untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik bagi warga Kota Surabaya. Ia sangat yakin di bawah kepemimpinan Wali Kota Eri ini, pelayanan kepada warga akan semakin baik.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyampaikan selamat dan memberi apresiasi kepada pemerintah daerah yang berhasil meraih penghargaan sebagai penyelenggara pemerintahan terbaik.

“Saya ucapkan terima kasih kepada penerima penghargaan. Mudah-mudahan akan memotivasi semangat kita untuk terus dapat melaksanakan tugas sesuai sistem pemerintahan otonomi daerah yang ada,” ungkap Tito.

Bagi pemerintah daerah yang belum berhasil memeroleh penghargaan, Tito berharap peringatan hari otonomi daerah ini bisa dijadikan momentum untuk introspeksi dan kontemplasi untuk bekerja lebih baik dan berprestasi, serta mampu mandiri secara fiskal.

“Karena ujung dari otonomi daerah adalah kemandirian fiskal yang ditandai dengan PAD (Pendapatan Asli Daerah) yang lebih banyak dari transafer pusat. Daerah bisa membiayai diri sendiri tanpa harus bergantung dengan pemerintah pusat,” pungkasnya. (jack)

Related posts

Rompi Jeans Biru Wali Kota Eri Cahyadi Penghargaan Pemuda Muhammadiyah Surabaya, Tak Ada Nuansa Politik

kornus

Kasatpol PP : Penutupan Reklame Videotron di JPO Embong Malang Sesuai Prosedur

kornus

Menteri Jonan : Cegah Perubahan Iklim, Tahun Depan Kendaraan Bermesin Diesel Diterapkan B30