KORAN NUSANTARA
indeks Surabaya

Surabaya Raih Penghargaan Anugerah Nugraha Jasadarma Pustaloka 2011

Surabaya KN) – Surabaya kembali meraih penghargaan tingkat nasional. Kali ini penghargaan Anugerah Nugra Jasadarma Pustaloka 2011, diraih Kota Pahlawan ini. Penghargaan dari Perpustakaan Nasional RI (PNRI) ini merupakan penghargaan yang diberikan PNRI kepada para tokoh masyarakat, birokrasi, legislatif, wartawan, media massa, serta pengelola perpustakaan yang telah memberikan dedikasi dan sumbangsihnya terhadap pengembangan perpustakaan dan minat baca di Indonesia.

Untuk penghargaan yang diberikan langsung oleh Kepala PNRI Sri Sularsih, diterima langsung oleh Walikota Surabaya Tri Rismaharini dalam acara Gemilang Perpustakaan Nasional 2011 di Balai Kartini Jakarta, Senin (7/11/2011), malam. Penerima penghargaan ini diseleksi dari 33 provinsi dengan kriteria berperan aktif secara nyata terhadap pengembangan perpustakaan dan pembudayaan kegemaran membaca minimal dua tahun terakhir.

Proses penilaian didukung oleh data-data empirik yang dihimpun dan dilaporkan melalui Badan Perpustakaan Provinsi seluruh Indonesia, yang kemudian diusulkan kepada Perpustakaan Nasional RI.

Menurut Walikota Tri Rismaharini, pemberian penghargaan itu atas dasar UU 43/2007 tentang Perpustakaan Memberikan Arah Seluruh Kebijakan, yaitu pembudayaan gemar membaca masyarakat melalui keluarga, satuan pendidikan dan masyarakat. “Gemar membaca menjadi tanggung jawab pemerintah pusat, daerah dan masyarakat,” ungkap Risma.

Surabaya dinilai memiliki komitmen yang tinggi terhadap pengelolaan perpustakaan dalam upaya peningkatan budaya baca di Kota Pahlawan. Hal ini terbukti dengan banyaknya taman baca yang dibangun dan diupayakan semakin dekat dengan masyarakat.  (anto)

Foto : Walikota Surabaya Tri Rismaharini saat menerima penghargaan dari PNRI

Related posts

Joko Driyono Ditahan, Sempat Shock dan Drop

redaksi

Jamaah Haji Kloter 4 Meninggal Dunia Setelah Terjatuh Saat Turun Pesawat di Bandara Juanda

kornus

Tinjau Banjir Luapan Sungai Kedunggaleng Probolinggo, Gubernur Khofifah Minta Relawan Jogokali Diaktifkan

kornus