KORAN NUSANTARA
Jatim Surabaya

Rasiyo Memasuki Purna Tugas, Nama calon Pengganti Sekdaprov Jatim Mulai Mencuat

Surabaya (KN) – Masa jabatan Sekdaprov Jatim Rasiyo akan memasuki pensiun pada 17 Desember 2011 mendatang. Jabatan Rasiyo sebagai Sekdapron Jatim kemungkinan besar tidak akan diperpanjang lagi karena usianya sudah mencapai 60 tahun dan memasuki purna tugas. Sehingga nama-nama pejabat yang didaulat menggantikan posisi Rasiyo kini mulai mencuat.Setidaknya ada beberapa nama pejabat setingkat Esselon II-A yang berhembus kencang untuk menggantikan Rasiyo pada Desember mendatang. Dari pejabat yang duduk di kursi Asisten Setdaprov, setidaknya ada tiga nama yang muncul. Yakni Asisten IV Setdaprov Jatim Ahmad Sukardi, Asisten II Hadi Prasetyo, dan Asisten III Edi Purwinarto.

Sementara dari pejabat yang duduk sebagai Kepala Badan, ada dua nama kuat yang muncul. Yakni Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Akmal Budianto dan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Nurwiyatno.

Selain itu, ada dua nama dari jajaran Kepala Dinas yang ikut meramaikan bursa Sekdaprov Jatim. Dua nama itu adalah Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Harun dan Kepala Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Kependudukan (Disnakertransduk) Hary Soegiri.

Pejabat yang namanya santer disebut menggantikan Sekdaprov Jatim Rasiyo masih enggan menanggapinya. Kepala Dispendik Jatim Harun misalnya, enggan memberikan komentar terkait namanya yang mencuat untuk duduk sebagai Sekdaprov. Harun berujar, kewenangan menunjuk Sekdaprov sepenuhnya ada ditangan Gubernur.

Demikian pula dengan Ahmad Sukardi yang saat ini duduk sebagai Asisten IV Setdaprov Jatim. Sukardi enggan menanggapi namanya yang santer menggantikan Rasiyo sebagai Sekdaprov.

Hal senada diungkapkan Kepala BKD Akmal Budianto yang mengatakan tidak tahu menahu namanya masuk bursa calon Sekdaprov. Akmal mengatakan, kursi Sekdaprov sepenuhnya berada di tangan Gubernur. Sehingga yang berhak menentukan adalah Gubernur.

Jika dilihat, peta persaingan antar tujuh nama itu cukup kuat. Kepala BKD Akmal Budianto misalnya, mempunyai kemampuan lebih dalam menjembatani antara eksekutif dan legislatif. Itu karena Akmal pernah duduk sebagai Sekretaris DPRD Jatim. Sementara Ahmad Sukardi, Hadi Prasetyo dan Akmal Budianto dianggap menguasai sektor keuangan dan penganggaran. Namun, jangan lupakan nama Harun dan Hary Soegiri karena merupakan pejabat Eselon IIA yang cukup senior.

Kalangan DPRD Jatim sendiri meminta pengganti Rasiyo harus memiliki kualifikasi yang setara. Ketua Fraksi Amanat Nasional DPRD Jatim Kuswiyanto mengatakan setidaknya ada empat hal yang perlu diperhatikan Gubernur dalam memilih Sekdaprov.

Keempat hal itu, kata dia, adalah mampu menguasai persoalan di Jatim. Mampu bekerja baik dengan Gubernur. Memahami persolan anggaran, serta mampu menjalin kerjasama dan lobi dengan pemerintah pusat. (yok)

Foto : Rasiyo

Related posts

Gubernur Khofifah Beri Penguatan Wawasan Kebangsaan kepada 1.200 Siswa MPLS

kornus

Delegasi APEC Terkesan Program Car Free Day Surabaya

kornus

Tak Ingin Covid-19 Kembali Melonjak, Walikota Risma Keluarkan Surat Edaran Terkait Libur dan Cuti Bersama 2020

kornus