KORAN NUSANTARA
indeks Nasional

Penentuan Karir PNS Akan Diperketat

Jakarta (KN) – Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara menyatakan, jika kebijakan penentuan karir pegawai negeri diperketat akan timbul kekhawatiran di kalangan PNS. Apalagi mereka PNS sudah lama terbiasa di iklim comport zone. Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Eko Prasojo di Jakarta, Selasa (24/1).

Para PNS yang saat ini menduduki jabatan-jabatan tertentu, mau tidak mau harus masuk ke iklim persaingan (competitive zone). Meski senior tapi kalau kemampuannya pas-pasan, jabatannya bisa dicopot dan diisi dengan PNS yang berkualifikasi di atas rata-rata.

“Meski usia muda, tapi kemampuannya oke, golongan kepangkatannya cukup, bukan tidak mungkin itu yang akan ditonjolkan dan diberi jabatan. Jadi di iklim competitive zone ini, kesempatan besar bagi PNS untuk mengembangkan dirinya,” ujar Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Eko Prasojo di Jakarta, Selasa (24/1).

Guru besar Universitas Indonesia ini juga meminta agar seluruh pegawai negeri harus menerima dan memahami perubahan tersebut. Hal ini perlu dilakukan untuk perbaikan kinerja, tanpa mengesampingkan pembinaan karier PNS yang ada.

“Karir PNS akan tetap jalan dan tidak ada penonjoban. Hanya saja pengisian jabatan akan diperketat dan diisi lewat mekanisme yang jelas. Jadi bukan atas dasar like and dislike,” tandas Eko Prasojo. (dede)

 

Foto : Ilustrasi PNS

Related posts

Komisi A Usulkan Suntikan Dana Untuk Pembangunan Rutan dan Rumah Rehab Khusus Narkoba dari APBD Jatim

kornus

Kasum TNI Dampingi Wapres RI Jusuf Kalla Tinjau Mako Paspampres

kornus

Lindungi Anak, Mensos Terbitkan Surat Edaran