KORAN NUSANTARA
indeks Surabaya

Pemkot Surabaya Krisis Kader Pejabat

kursi-ilustrasi1Surabaya (KN)- Pemkot Surabaya kesulitan melaksanakan kaderisasi pejabatnya. Padahal, jumlah pegawai negeri di Pemkot Surabaya, terbilang overload.

Ironis, Pemkot malah sulit mencari pejabat penggantinya. Dalam waktu dekat ini, banyak pejabat yang memasuki usia pension, bahkan ada yang mundur. Seperti Kepala Dinas Pendidikan Surabaya Sahudi. Pejabat ini sudah dua kali menikmati masa perpanjangan, sehingga tak mungkin jabatanya akan diperpanjang lagi.

Begitu juga dengan Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Surabaya Sri Mulyono, juga bakal habis masa perpanjangannya. Sementara yang akan mengajukan mutasi adalah Kepala Badan Lingkungan Hidup Surabaya Togar Arifin Silaban.

Belum lagi Kepala Dinas Pertanian Samsul Arifin, Kepala Dinas Pendapatan dan Pengelolan Keuangan Hartoyo serta Kepala Dinas Pemadam Kebakaran yang bakal lengser tahun ini. Mereka semua ini bakal memasuki masa pensiun.

Sedangkan jabatan yang kosong sehingga sekarang yang hanya diisi pelaksana tugas atau Plt, ternyata cukup banyak. Diantaranya adalah Plt Kepala Satpol PP Arief Budiarto, Plt Kepala Dinas Perhubungan Eddy, dan Plt Sekwan Hari Sulistywati.

Meski belum sampai mengganggu kinerja Pemkot, namun kondisi ini menunjukan kaderisasi di tubuh pemkot mandek. Pasalnya, masih banyak orang yang sudah pension dipertahankan menduduki jabatannya.

Menurut sebuah sumber, untuk bisa menjadi orang nomor satu di SKPD tentu secara kepangkatan dan golongan sudah tinggi.  Selain itu juga memiliki jaringan di lingkungan Walikota agar namanya diperhatikan ketika masuk bursa kepala dinas.

Ketika dikonfirmasi, Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Kota Surabaya Yayuk Eko Agustin membantah banyaknya jabatan kosong di Pemkot. Malah sebaliknya, Yayuk mengatakan semuanya berjalan normal. (Jack)

Foto : Ilustrasi kursi pejabat

Related posts

Kecelakaan di Tasikmalaya, Bus Primajasa Vs Sugeng Rahayu, 1 Tewas, 6 Luka

redaksi

Mendagri Targetkan Perekaman E KTP Rampung Tahun Ini

kornus

Polrestabes Surabaya Meringkus Delapan Penjahat Jalanan, Empat Diantaranya Ditembek Mati

kornus