KORAN NUSANTARA
indeks Surabaya

Pemkot Gelar Festival Seni Lintas Budaya 2011

wiwiekSurabaya (KN) – Pemerintah Kota Surabaya kembali menggelar Festival Seni Lintas Budaya (Cross Culture Fest) 2011, kali Pemkot  bekerja sama dengan Komunitas Seni Surabaya. Festival ini dengan tema “Hidup Bersama dalam Keselarasan yang Sempurna Melalui Keragaman Seni dan Budaya”. Festival yang sudah 7 kali diselenggarakan ini bertujuan untuk melestarikan dan mengembangkan kesenian tradisional dari berbagai daerah di Indonesia maupun mancanegara.
Cross Culture Fest 2011 akan diramaikan oleh peserta dari Sawahlunto – Sumbar, Pangkal Pinang – Bangka Belitung, Pekalongan – Jateng, Langsa – NAD, Lubuk Linggau – Sumsel, Padang – Sumbar, Kutai Kartanegara – Kaltim, Malang – Jatim serta Surabaya sendiri selaku tuan rumah. Selain dari dalam negeri, peserta juga datang dari mancanegara, yakni peserta dari India, Pakistan, Busan – Korsel, Xiamen – China, Guangzhou – China, Jepang, Austria, Samoa, Nauru, Italia, Kep. Solomon , Tonga , Timor Leste , Suriname , Hongkong, dan Afrika Selatan.
Kesenian yang akan ditampilkan peserta cukup beragam. Selain tari-tarian, ada pula peserta yang menampilkan seni drama boneka hingga seni musik daerah. Rangkaian acara Cross Culture Fest 2011 dibagi dalam beberapa kegiatan. Yang pertama, Pagelaran Seni Kompetisi Tari Remo dan Yosakoi yang sudah dihelat pada Minggu (17/7) lalu.
Pembukaan FSLB 2011 sendiri diselenggarakan pada Kamis (21/7) pukul 13.00 wib di Galaxy Mall Exebition Centre lantai 4. Pada pembukaan acara tersebut akan ditandai dengan permainan perkusi oleh Walikota Surabaya bersama para tamu undangan. Di hari yang sama akan ditampilkan pula pertunjukan seni pada pukul 19.00 wib di G-Walk Citra Raya Surabaya.
Selain pertunjukan seni, juga diadakan workshop pada Jumat (22/7) pukul 09.00 wib di Gedung Kesenian Balai Pemuda Surabaya. Kegiatan ini memberikan kesempatan interaksi antara masyarakat Kota Surabaya sebagai penonton dan penikmat seni dengan para penyaji dari berbagai daerah di Indonesia maupun luar negeri. Disamping itu, juga untuk memperkenalkan jenis tarian dan alat musik kepada masyarakat. Malam harinya, masyarakat kembali mendapat suguhan pertunjukan seni di Centre Point Royal Plaza mulai pukul 19.00 wib.
Sedangkan puncaknya, pada acara penutupan Cross Culture Fest 2011 yang akan digelar pada Sabtu (23/7), di Halaman Balai Kota, Jl Taman Surya Surabaya pada pukul 19.00 WIB. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya, Wiwiek Widayati menuturkan, event ini diselenggarakan guna memfasilitasi para pelaku seni untuk dapat memperkenalkan budayanya kepada masyarakat.
“Kami ingin memberikan wadah agar masyarakat Surabaya dapat lebih mengenal budaya daerah Indonesia maupun luar negeri,”ujarnya. (anto)

Foto : Wiwiek Widayati Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya

Related posts

Tak Sekadar Menang, PDIP Surabaya: Perolehan Suara Pasangan Eri Cahyadi dan Armudji Harus Dominan

kornus

Gubernur Khofifah Sambut Kedatangan Korban KM Santika Nusantara di Terminal Gapura Surya

kornus

Jatim Ingin Tingkatkan Kerjasama Vokasi dan Teknologi dengan Australia

kornus