KORAN NUSANTARA
indeks Jatim

Naskah Soal Ujian Nasional Untuk SMA Di Jatim Mulai Didistribusikan

Surabaya (KN) – Mulai hari ini naskah soal Ujian Nasional (UN) untuk SMA dan sederajat wilayah Jawa Timur didistribusikan dari percetakan PT Temprina Media Grafika Jl Karah menuju ke masing-masing Polres di Jawa Timur. Untuk, Rabu (11/4),  hari ini didistribusikan ke 20 Kabupaten/Kota terjauh dan besok rencananya akan dikirimkan ke 16 Kabupaten/Kota sisanya.

M Harun, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Timur pada wartawan mengatakan, pengiriman naskah soal UN ini dikawal ketat kepolisian. Ada tiga pihak yang harus ikut serta dalam proses distribusi dari pecetakan sampai ke sekolah, yakni Dinas Pendidikan, Polisi, dan pengawas dari perguruan tinggi.

Sistem pengamanan berlapis ini, kata Harun, mencegah agar soal tidak bocor, pengamanan ini juga berlaku pada saat ujian berlangsung. Harun menjamin dengan ketatnya pengamanan ini, tidak mungkin soal bocor atau bisa menyontek maupun menggunakan jasa joki saat berlangsungnya ujian.

“Dari percetakan, soal kita amankan di Polres, kemudian dari Polres didistribusikan lagi ke Polsek-Polsek. Jelang ujian dilakukan pekan depan tanggal 16-19 April untuk UN SMA, kita distribusikan ke masing-masing sekolah,” kata Harun.

Pengawasan saat berlangsungnya ujian dilakukan dengan sistem silang guru pengawas, juga melibatkan pengawas perguruan tinggi. Naskah soal pun ada 5 jenis sehingga antar siswa bisa berbeda pola soalnya. (rif)

Related posts

Gubernur Himbau Warga Jatim Waspadai Banjir dan Tanah Longsor

kornus

Pilkada Surabaya 2020, Yasin – Gunawan Jalin Komunikasi Intens dengan Sejumlah Parpol Nonparlemen

kornus

Pengerjaan Tanggul di Tengger Raya Capai 80 Persen

kornus