KORAN NUSANTARA
indeks Nasional

Menhan RI tutup Kursus Pejabat Senior Misi PBB

Bogor (KN) – Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prof. Ir. Purnomo Yusgiantoro MSc., MA., Ph.D. didampingi Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, S.E., secara resmi menutup kursus pejabat senior di lingkungan Misi Perdamaian PBB, bertempat di Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) TNI Sentul, Bogor, Jawa Barat, Jumat (7/12/2012). Kursus yang diikuti 28 pejabat tinggi negara diantaranya Canada, Jepang, Kenya, Indonesia, Belgia, USA, Nigeria, Denmark, India dan Swiss untuk mengisi jabatan sebagai Special Representative of Secretary General (SRSG), Deputy SRSG, Force Commanders, Police Commisioners, Director of Mission Support dan Chief of Staff misi PBB.

Dalam amanatnya, Menhan RI menyatakan bahwa selama dua minggu para peserta telah membahas berbagai permasalahan kepemimpinan, terutama permasalahan yang berhubungan dengan misi perdamaian. Berbagai topik diskusi  telah dibahas dalam kursus ini, antara lain : pentingnya kerjasama dan koordinasi, komunikasi, konsensus dan integrasi  untuk fungsi kepemimpinan yang efektif dalam misi PBB; kepedulian dan pemahaman terhadap kemampuan dan batas kemampuan berbagai komponen dalam operasi perdamaian.

Selain itu, para peserta juga dibekali pemahaman terhadap kerangka hukum operasi perdamaian PBB;  pemahaman terhadap sistem kerja PBB dan aspek strategis  koordinasi; dan pemahaman terhadap peran dan tanggung jawab kepemimpinan tim dalam memimpin personel yang tergabung dalam misi PBB; serta pemahaman tentang permasalahan gender dan implementasi Resolusi Dewan Keamanan 1325.

Diakhir amanatnya Menhan RI berharap agar semua materi kursus ini dapat memberikan uraian nyata tentang tantangan, dan untuk memberikan pengetahuan terhadap tantangan dalam operasi pemeliharaan perdamaian di masa yang akan datang. Kemudian Menhan RI juga mengucapkan terima kasih kepada United Nations Integrated Training Service, Pemerintah Canada, para pendukung, pembimbing dan peserta sehingga penyelenggaraan kursus ini bisa berjalan sukses. (udi)

 

Foto :  Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prof. Ir. Purnomo Yusgiantoro MSc., MA., Ph.D saat menutup kursus pejabat senior di lingkungan Misi Perdamaian PBB

Related posts

Kodim 0830/Surabaya Utara Gelar Karya Bhakti Pengobatan Gratis di Makodim

kornus

Jadi Pemateri Rakornas Air Minum dan Sanitasi 2023, Wali Kota Eri Ungkap Strategi Surabaya Capai 100 Persen ODF

kornus

TNI Akan Lakukan Operasi Psikologi dan Teritorial di Papua

kornus