KORAN NUSANTARA
indeks Surabaya

Lurah Se Kota Surabaya Ditraining Permasalahan Sengketa Tanah

Surabaya (KN) – Permasalahan sengketa tanah mendapat perhatian serius dari Pemkot Surabaya. Guna mengatasi problem tersebut, Pemkot mengadakan in house training bagi semua Lurah se- Kota Surabaya di Graha Sawunggaling, Rabu (18/7).Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Kota Surabaya Yayuk Eko Agustin menjelaskan, pelatihan tersebut diikuti oleh 160 lurah. Mereka akan diberikan materi dan pemahaman khusus tentang persoalan pertanahan. “Lurah merupakan ujung tombak pelaksanaan pembangunan, oleh karenannya lurah harus paham detail persoalan yang kemungkinan muncul di masyarakat, khususnya masalah tanah,” tuturnya.

Menurut Yayuk, masalah sengketa status tanah adalah masalah serius karena jika tidak ditangani dengan benar bukan tidak mungkin bisa menimbulkan konflik di masyarakat. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan Lurah mampu menyelesaikan masalah tanah dengan baik sesuai dengan aturan dan prosedur.

Kegiatan pelatihan dibuka oleh Asisten I Sekkota Hadisiswanto Anwar yang mewakili Walikota Surabaya. Pada kesempatan itu, ia menyampaikan bahwa Lurah memiliki peran penting dalam penyelesaian kasus sengketa tanah. Sebab, lurah yang paling tahu kondisi di wilayahnya masing-masing.

“Saya berharap lurah bisa lebih peka serta mampu mengidentifikasi potensi konflik sengketa tanah yang terjadi di wilayahnya,” tegas Hadi.

Sementara, Maria Agustin, Lurah Mojo, Kecamatan Gubeng yang juga salah seorang peserta training mengatakan bahwa pelatihan ini sangat penting bagi dirinya untuk menambah ilmu tentang persoalan tanah. Menurutnya, terlebih penting lagi, khususnya bagi lurah-lurah yang bertugas di daerah rawan sengketa tanah.

“Kebetulan wilayah saya di daerah tengah kota, kasus sengketa tanah tidak terlalu banyak. Namun bagi rekan-rekan khususnya di daerah pinggir ini bisa sangat bermanfaat. Untuk saya pribadi, saya akan memanfaatkan pelatihan ini sebagai bekal pengetahuan bilamana sewaktu-waktu bisa saya terapkan jika terjadi kasus sengketa tanah,” katanya. (anto)

 

Foto : Lurah Se-Kota Surabaya di Graha Sawunggaling Pemkot Surabaya

Related posts

Barisan Soekarnois Deklarasi Kawal dan Menangkan Eri Cahyadi-Armudji di Pilwali Surabaya

kornus

BPSDM Jatim Terima Penghargaan LAN RI Sebagai Lembaga Diklat Terbaik Nasional Tiga Kali Berturut-Turut

kornus

Tingkatkan Pelayanan Publik, DP3AK Jatim Bersinergi dalam Pemanfaatan Identitas Kependudukan Digital

kornus