KORAN NUSANTARA
indeks Jatim

Kapendam : Anggota Pendam V/Brawijaya Jangan Tiru Bengawan Durno dan Sengkuni

logo-dam-v-brwSurabaya (KN) – Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) V/Brawijaya, Letkol Inf Sugiyono mengharapkan seluruh anggotanya tidak meniru sikap dan perbuatan Begawan Durno ataupun Sengkuni, yang dalam cerita pewayangan dikenal suka memutar balikkan fakta dan senang mengadu domba.“Jangan tiru Durno karena dia licik, dengan cara ini kita semua bisa terhindar dari segala permasalahan, khususnya dalam bergaul dan bermasyarakat,” demikian dikatakan Kapendam, ketika apel pagi pada Rabu (24/8) di Markas Pendam V/Brawijaya.
Menurutnya, dalam cerita  pewayangan, tokoh Begawan merupakan sosok yang mempunyai karakter dan kualitas unggul dalam berbagai hal, namun begitu tidak semuanya Begawan bisa untuk dijadikan panutan, bahkan dianjurkan kepada seluruh umat manusia untuk tidak meniru tabiat dan perilaku salah satu Begawan yang terkenal dengan julukan tukang adu dombanya.
Dia adalah Begawan Durno yang suka memutar balikkan fakta dan senang mengadu domba antara manusia satu dengan lainnya. Selain Durno ada lagi sosok pewayangan yang mempunyai kualitas tidak jauh berbeda dengan Begawan Durno, dia adalah Sengkuni, yang mempunyai sifat suka menjelekkan orang lain demi keberhasilan tujuan pribadinya.
Berkaitan dengan sikap dan ciri khas dari para tokoh pewayangan tersebut, sehingga Kapendam mengingatkan kepada seluruh anggota Pendam V/Brawijaya, bahwa sikap dan perbuatan Durno dan Sengkuni tidak perlu ada di pribadi anggota Pendam V/Brawijaya, karena hanya kerugian yang akan didapatkan dari perilaku itu, kerugian dalam menciptakan suasana harmonis antar sesama anggota.
Pada Bulan Suci Ramadan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1432 H, Kapendam yang juga merupakan salah satu bagian dari intelejen community ini mengaharapkan, semua anggota senantiasa berusaha meningkatkan amal kebajikan serta meningkatkan kualitas ibadahnya.
“Semoga kita selalu mendapatkan kemuliaan dan kesejahteraan lahir bathin serta senantiasa dihindarkan dari segala kenistaan dan kerendahan diri dihadapan Allah SWT,” terangnya.
Menyikapi para anggotanya yang akan melaksanakan mudik Lebaran, Letkol Inf Sugiyono mewanti-wanti kepada anggotanya untuk selalu berhati-hati dalam berkendaraan, taati dan patuhi segala rambu-rambu lalulintas, hindari sikap ugal-ugalan di jalan dan utamakan keselamatan, agar tujuan mudik bisa berjalan dengan aman dan lancar. (rif)

Foto : Kapendam V/Brawijaya Letkol Inf Sugiyono

Related posts

Bambang DH- Said Abdullah Melounching “I Like BDH-Said” Jawa Timur Jempol

kornus

Gus Fawait : Fraksi Gerindra Kawal Kebijakan Pangan Pemprov Melalui Parlemen

kornus

Orasi Ilmiah, Gus Halim Harap Universitas Trunojoyo Madura Jadi Menara Air

kornus