KORAN NUSANTARA
indeks Nasional

Kabareskrim Komjen Ito Sumardi Pensiun, Kursi Kabareskrim Kini Kosong

ITO-SUMARDI1Jakarta (KN) – Pada tanggal 16 Juni 2011 ini Kabareskrim Mabes Polri Komjen Ito Sumardi akan memasuki masa pensiun. Karena itu posisi jabatan kabareskrim dipastikan akan kosong. Lalu, siapakah penggantinya?

Pengamat politik dan polisi dari Sketsa Strategic House, Karel Harto Susatyo, mengatakan pergantian Kabareskrim tergantung Kapolri Jenderal Pol Timur Pradopo. Kapolri harus memilih Kabareskrim baru yang memiliki kapasitas, kapabilitas dan integritas.

Pasalnya, posisi Kabaresrim sangat vita. Jika tidak hati-hati, maka Polri tak ubahnya menggadaikan diri. Karena itu Kapolri diharapkan tidak mendengar suara-suara dari luar, termasuk suara partai tertentu.

“Kapolri jangan percaya suara-suara eksternal yang menjagokan calon tertentu. Bila itu terjadi, sama saja dengan menggadaikan Polri ke pihak luar,” kata Karel, Rabu, (15/6).

Karel mengingatkan, Polri harus menjaga diri dari tarik menarik kepentingan partai. Sebab bukan tidak mungkin posisi Kabareskrim ini diperebutkan parpol untuk kepentingan-kepentingan tertentu.

Sebaliknya Parpol harus tahu diri. Ini bukan wilayah mereka. Ini urusan internal Polri. “Biarkan polri memilih bhayangkara terbaiknya untuk menggantikan Ito,” ungkap Karel.

Kapolri: Ito Sumardi Diganti Kapolda

Sementara Kapolri Jenderal Timur Pradopo mengisyaratkan calon Kabareskrim yang akan menggantikan Ito Sumardi pernah menjabat Kapolda.

“Kami masih menghimpun beberapa nama Kapolda. Sebab, salah satu syaratnya adalah per­nah menjadi Kapolda,” kata Timur Pradopo, Rabu (15/6).

Seperti diberitakan sebelum­nya, Kabareskrim Polri Komjen Ito Sumardi dan Wakil Kabares­krim Polri Irjen Mathius Salem­pang memasuki masa pensiun 16 Juni 2011 ini. Karena itu mulai sekarang Dewan Jabatan Kepangkatan Tinggi (Wanjakti) Polri akan merapatkan dan menentukan siapa pengganti pada dua posisi tersebut.

Selain pernah menjadi Ka­polda, menurut Kapolri, calon Kabareskrim harus memiliki acceptabi­litas dan akun­tabilitas yang kuat dalam meng­hadapi tantangan Bareskrim di masa mendatang (red)

Foto : Komjen Pol Ito Sumardi

Related posts

Tunggakan BPJS di RS Pemprov Bisa Pengaruhi Layanan Kesehatan Pada Masyarakat

kornus

Polri minta Destinasi Wisata di Kota Batu terapkan Prokes

Denpom V/4 Surabaya Laksanakan Sosialisasi Ops Gaktib Polisi Militer Waspada Wira Clurit TA.2021 di Kodim Surabaya Selatan

kornus