KORAN NUSANTARA
indeks Jatim

Jalur Kereta Api Dari Surabaya Ke Banyuwangi dan malang Dialihkan Ke Jalur Mojokerto-Kediri

Sidoarjo (KN) – Jalur kereta api Surabaya-Malang dan Surabaya-Banyuwangi yang melalui jalur Porong, Sidoarjo, Jawa Timur, akan dialihkan melalui jalur alternatif Mojokerto-Kediri.Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono saat berkunjung ke Sidoarjo, Selasa (27/9) mengatakan, perubahan ini dilakukan akibat banyaknya hambatan di jalur kereta di kawasan Porong. Hambatan disebabkan ancaman luapan lumpur Lapindo serta aksi demonstrasi warga. Keputusan ini diambil setelah Kemenhub melakukan koordinasi dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) di ruang VIP Bandara Juanda, Surabaya.

Bambang menegaskan, meski dibutuhkan waktu dan jarak tempuh yang lebih jauh, namun penggunaan jalur alternatif merupakan kunci utama untuk mengatasi terhambatnya perjalanan KA. Sementara jalur relokasi rel Porong melalui kawasan Tulangan-Tarik, meski sudah siap digunakan, namun masih terhambat pembebasan lahan warga.

Berdasarkan data PT KAI setiap kali terjadi penutupan rel oleh warga korban lumpur Lapindo, perjalanan KA penumpang mengalami keterlambatan lebih dari dua jam. KA tertahan di Stasiun Bangil, Pasuruan dan Tanggulangin, Sidoarjo. (red)

Related posts

Gubernur Khofifah Pimpin Misi Dagang Jatim di Provinsi Sumatera Utara, Transaksi Dagang Tembus Rp 474.5 M

kornus

Dihantam Kapal Tongkang, Jembatan Ogan Ditutup

redaksi

Jatim Catat 408 DBD di Januari 2021