KORAN NUSANTARA
indeks Nasional

ICW Menilai Marzuki Alie Tidak Pantas Dipertahankan Sebagai Ketua DPR

Marzuki-Ali1-300x225Jakarta (KN) – Setelah mengeluarkan penyataan controversial mengusulkan pembubaran KPK dan mengapuni koruptor, desakan agar  Marzuki Alie dicopot dari DPR terus bergulir. Setelah muncul opsi tidak percaya dari sejumlah legislator, kini kalangan masyarakat sipil turut mendesak.

Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Donal Fariz menilai tidak ada prestasi membanggakan dari Marzuki Alie, sehingga tidak pantas untuk dipertahankan sebagai Ketua DPR.

“Saya tak melihat prestasi Marzuki Alie sehingga layak dipertahankan, karena ramai kontroversi tapi sepi prestasi,” kata Donald kepada wartawan, Jumat (5/8).

Menurut Donald, Marzuki Alie sudah berulangkali melontarkan pernyataan-pernyataan kontroversial. Sebab itu, Marzuki dinilai tak layak lagi memimpin lembaga sepenti DPR. “Partai Demokrat sudah saatnya memilih kader terbaiknya untuk duduk menjadi orang nomor satu di parlemen,” kata Donal.

“Kontroversi Marzuki Alie sudah berkali-kali, sesungguhnya Partai Demokrat punya tanggung jawab memilih kader terbaiknya jadi pimpinan DPR,” katanya.

Donal mengungkapkan, kalau benar Marzuki sudah dievaluasi partai, harus dibuka ke publik. Menurutnya, tidak cukup hanya menyatakan sudah dievaluasi dan hasilnya dinyatakan tidak bersalah. “Sebagaimana dalam proses hukum, aparat memeriksa tersangka jelas kesalahannya apa, ada saksi ada bukti,” katanya.

Sebelumnya, anggota DPR Abdul Malik Haramain, Teguh Juwarno dan Bambang Soesatyo mewacanakan penggalangan mosi tidak percaya lintas fraksi terhadap Marzuki. Pemicunya adalah Pernyataan Marzuki soal pembubaran KPK dan pemaafan koruptor. (red)

Foto : Marzuki Ali

Related posts

Dunia Kontruksi Belum Siap Hadapi AFTA 2015

kornus

Tawuran Pelajar di Kolong Tol Deplu Jakarta Selatan, 1 Tewas, 15 Ditangkap

redaksi

Bertemu Atlet Golf Juara Piala Gubernur di Grahadi, Gubernur Khofifah Berharap Semakin Atlet-Atlet Muda di Jatim

kornus