KORAN NUSANTARA
indeks Surabaya

Hanya Dengan Semangat Nasionalisme Perhelatan Kampung Pahlawan Telah Dibuka

Surabaya (KN) – Hanya dengan modal semangat nasionalisme Perhelatan Akbar bertema Kampoeng Pahlawan telah dibuka pada tanggal 10 November 2011. Acara pembukaan Kampoeng Pahlanwan yang diwarnai dengan penacapan dan penghormatan bendera merah putih ini berlangsung cukup menarik dan sederhana.

Upacara pembukaan Kampoeng Pahlawan, Kamis (10/11), pukul 16.30 ini diikuti pengunjung dari sejumlah elemen masyarakat, seperti BKPRMI,  FAM UNAIR, Komunitas Pelajar, Muspida Kec Wonocolo dan tokoh masyarakat di Surabaya telah terlihat memadati areal parker JX Internasional. Tepat pukul 16.30 WIB,  acara pembukaan dimulai dengan teriakan pekik Merdeka yang menggema di areal  parkir JX Internasional.

Sekretaris Panitia Kampoeng Pahlawan, Petrus Hariyanto dalam sambutannya mengatakan, bahwa peringatan Hari Pahlawan di Surabaya tahun ini terasa berbeda karena bertepatan dengan penyelenggaraan kampoeng pahlawan. “Meski acaranya sederhana, spirit para pejuang terutama Arek-Arek Suroboyo tetap berkobar. Ini adalah acara rakyat yang digelar untuk menghormati jasa para pahlawan dalam mengisi kemerdekaan, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua,” ujarnya, Kamis (10/11).

Puncak peringatan Hari Pahlawan di Kampoeng Pahlawan juga ditandai dengan aksi teatrikal penancapan bendera merah putih. Menariknya, rasa nasionalisme berkobar di arena pembukaan tersebu, antusias para pengunjung berkumpul di depan sang saka merah putih untuk memberikan penghormatan, diiringi dengan lagu Indonesia Raya.

Perhelatan Akbar Kampoeng Pahlawan ini digelar oleh Himpunan Praktisi Radio dan Media Online (Hipro) yang bekerjasama dengan JX Internasional. Acara ini bertujuan untuk mengenang jasa para pahlawan pejuang Indonesia dalam perjuangan 10 November.

Sebanyak 89 stand memadati areal parkir JX internasional. Selain, eksebisi pameran dan kuliner, Acara ini juga akan diisi dengan aksi orasi kebangsaan oleh tokoh bangsa. Pada tanggal 12 November juga digelar orasi kebangsaan oleh Gatot Sudjito, Ketua DPD Ormas MKGR/FKPPI Jawa Timur

Keesokan harinya, 13 November 2011, digelar acara jalan sehat, dan sore harinya dilanjutkan dengan orasi kebangsaan yang akan sampaikan oleh tokoh nasional asal Jombang Sholahuddin Wahid.

Acara bertempat di Lapangan Parkir Selatan Jatim Expo Internasional, Jalan A. Yani, Surabaya. Kampoeng pahlawan setiap harinya juga dimeriahkan oleh parade musik lagu-lagu perjuangan. (red)

Foto : Aksi triatrikal penancapan bendera merah putih

Related posts

Sambut Tahun Baru Hijriah, Kasdam V Brawijaya Kumpulkan Prajurit di Masjid

kornus

Doa Bersama, dan Anjang Sana Tandai HUT Persit ke-73 di Yonarmed 12/Kostrad

kornus

Wagub Saifullah Yusuf Pastikan Dirinya Non Aktif Dari Jabatan Ketua Umum KONI Jatim

kornus