KORAN NUSANTARA
indeks Jatim

Gubernur Jatim Minta Siswa SMK Di Jatim Lebih Kreatif dan Inovatif Dalam Mengembangkan Ilmunya

gubernur-jatimSurabaya (KN) – Gubernur Jatim Soekarwo meminta kepada seluruh siswa SMK di Jatim agar bisa lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan ilmunya sesuai minat yang ditempuh. Sebab, SMK kini menjadi salah satu prioritas Pemprov Jatim sebagai wadah pencetak tenaga kerja yang siap kerja.
“Saya merasa bangga dengan produk-produk yang telah dihasilkan oleh Siswa-Siswa SMK, Kepada Pak Rektor, para Dosen Guru dan Bapak Kepala Sekolah saya berterima kasih karena sampean (anda) telah mengambil jalan yang lurus dalam mendorong para murid untuk mengembangkan diri”, ujar Gubernur Soekarwo, saat membuka acara pameran karya cipta mahasiswa dan SMK se-Jatim 2011, Sabtu (2/7).
Menurut orang nomor satu di Jatim ini,  selama ini Jatim memang terkenal sebagai gudang ide. Sehingga, dengan pameran karya cipta ini, maka  diharapkannya dapat melahirkan  generasi baru yang menemukan teknologi tepat guna.
Ia mencotohkan Jumari, pria asal Ngawi yang menemukan padi jenis wisanggeni 1 dan 2. Wisanggeni itu mampu panen empat kali setahun dan itu sangat menguntungkan petani.
Untuk itu, Soekarwo berharap dapat terlahir Jumari baru dari seluruh SMK se-Jatim dengan inovasi dan kreatifitas terbaru. “Anda terlahir di Jatim. Tanah rintisam Mojopahit yang menyatukan nusantara. Anda juga keturunan Gajah Mada atau bahkan Kencana Wungu, jadi Anda telah memiliki dasar kecerdasan yang luar biasa,” tuturnya.
Dalam acara yang mengambil tema Membangun Karakter Generasi Muda Yang Kreatif dan Inovatif ini juga digelar berbagai lomba. Beberapa di antaranya, yakni Lomba Karya Ilmiah Mahasiswa, Debat Bahasa Inggris, Karya Inovasi Mahasiswa/Siswa serta lomba robot mulai tingkat SD hingga Perguruan Tinggi.
Kegiatan pameran pendidikan yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Jatim di Jatim Expo 2-4 Juli 2011 ini diikuti oleh 46 SMK, 35 Perguruan Tinggi dan 30 Perusahaan di Jawa Timur. Acara digelar sebagai momentum peringatan Hari Pendidikan Nasional yang diperingati beberapa saat lalu. (rif)

Foto : Gubernur Jatim Soekarwo

Related posts

Gubernur Khofifah Gencar Dorong UKM Jatim Tembus Pasar Global Melalui Desa Devisa

kornus

KPU Surabaya Gelar Media Gathering Sosialisasi Tahapan Pembentukan Badan Ad Hoc PPK dan PPS

kornus

Tuntutan Tak Ada Titik Temu, Karyawan RSPS Kembali Gelar Aksi Demo

kornus