KORAN NUSANTARA
Headline indeks Jatim

DPD LPM Jatim Resmi Dikukuhkan, Ketua DPP Ahmad Doli Berharap DPD LPM Jawa Timur Dapat Menambah Jumlah Desa Mandiri.

Gubernur Khofifah Indar Parawansa (tengah) saat bersama pengurus LPM Jatim, dan DPP LPM usai pengukuhan pengurus DPD LPM Jatim di Gedung Negara Grahadi, Jumat (7/10/2022) malam.

Surabaya (MediaKoranNusantara.com) – Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (DPD LPM) Provinsi Jawa Timur, resmi dipimpin Sahat Tua Simanjuntak. Pengukuhan Sahat sebagai ketua DPD sekaligus jajaranpengurus LMP Jawa Timur yang baru berlangsung di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jumat (7/10/2022) malam.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) RI, Dr. Ahmad Doli Kurnia Tanjung mengatakan, dengan ditetapkannya Sahat Tua Simanjuntak, ia berharap bisa meneruskan kepemimpinan ketua sebelumnya yang telah berpulang, Gatot Sudjito.

“Ini hasil aspirasi dari teman-teman di Provinsi Jawa Timur yang menyepakati sebaiknya pak Sahat karena dianggap layak. Sehingga DPP mengikuti aspirasi ini,” ucapnya.

Doli Kurnia Tanjung berharap kepada para pengurus DPW LPM Jawa Timur agar dapat menambah jumlah desa mandiri.

“(Harapannya) supaya nanti membuat Jawa Timur semakin bertambah jumlah desa mandirinya. Karena sifat dari organisasi ini sebetulnya lebih banyak di desa,” kata Ahmad Doli .

Ketua Komisi ll DPR RI itu mengungkapkan, bahwa dari awal berdiri, keberadaan LPM memang fokus terhadap desa. Jika dulu namanya adalah lembaga sosial desa, kemudian berubah menjadi Lembaga Ketahanan Masyarakat Desa (LKMD) dan LPM.

“Dengan adanya kepengurusan baru mudah-mudahan tadi juga dilalui dengan musyawarah daerah yang itu juga merumuskan visi dan misi yang baru tentang program-program yang lebih konkrit,” tandasnya

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa mengucapkan selamat dan semoga dimudahkan dalam menjalankan tugas dan bagi pengurus DPD LPM 2022-2027. Dimana di Jatim sudah tidak ada desa tertinggal. Dari 6.238 desa mandiri di Indonesia, sebanyak 1.490 desa mandiri ada di Jawa Timur atau sebesar 23,88 persen.

Meskipun tidak ada desa tertinggal di Jatim, Gubernur Khofifah mengajak LPM untuk melakukan pendampingan dititik yang perlu dikuatkan. Maka perlu ada pemberdayaan ekonomi utamanya bagi masyarakat desa.

Jatim menggalakkan zakat produktif, gubernur berharap LPM bersama pemerintah daerah Jatim nanti turun bersama. Arahnya agar masyarakat tidak terjebak rentenir. Di bank UMKM milik pemprov Jatim ada bantuan untuk UMKM dan bunga pinjamannya kecil. “Maka itu pihaknya meminta kepada ketua LPM Pak sahat dan pak kodrat serta jajarannya untuk membantu sosialisasi ke masyarakat desa kalau kita punya program pinjaman untuk UMKM yang bunganya kecil dan masyarakat bisa menikmati pinjaman tersebut,”katanya.

Tahun ini Jawa timur mendapatkan alokasi perhutanan sosial 500.000 ha, ini penting kalau ada sinergi LPM dan LMDH. Ada peluang budidaya kakao. “Kita ini masih import kakao 35% Jatim, kakao paling cocok diwilayah daerah khatulistiwa, salah satunya Jawa timur, ”ujarnya

Dalam hal pendidikan, budget pendidikan memang tinggi, output nya, saat ini Jatim juara pertama olimpiade sains Nasional., mendapatkan 75 medali “Kita bisa menyiapkan ATM belajar mandiri, baik untuk siswa maupun guru, yaitu program ATM BTS,”ujarnya.

Ia menambahkan, per Maret 2022, Provinsi Jawa Timur menjadi penyumbang penurunan angka kemiskinan tertinggi nasional sebanyak 391.400 jiwa. “Semoga dengan adanya DPD LPM Jawa Timur bisa membantu menjangkau pemberdayaan hingga di desa. Salah satunya, membangun kota dari desa. Menjadikan petani dan peternak yang tangguh untuk menguatkan perekonomian dan ketahanan pangan di Jawa Timur,”pungkas Khofifah. (KN01)

Related posts

Sekda Prov Jatim Ajak PNS Merubah Pola Pikir

kornus

Mendes PDTT Ajak Doa Bersama untuk Korban Bencana Alam di Indonesia

BP2MI sebut PMI yang disekap di Myanmar ilegal dan korban scamming online