KORAN NUSANTARA
indeks Jatim

Buruh Ancam Lengserkan Gubernur Jatim

Surabaya (KN) – Demo ratusan massa dari berbagai elemen buruh dan mahasiswa, (14/11), menggelar aksinya di depan kantor Gubernur Jatim Jl pahlawan Surabaya. Mereka menuntut penetapan UMK tahun 2012 sebesar Rp 1,4 juta. Jika UMK dinilai murah, buruh mengancam akan melengserkan Gubernur Jatim Soekarwo.“Upah murah, Pakde Karwo (Gubernur Jatim),” teriak salah satu peserta aksi dengan menggunakan pengeras suara yang ada di atas truk, Senin (14/11/2011). Peserta aksi lainnya yang mayoritas kaum hawa, serempak meneriakan, “Turun-turun”.

Ratusan buruh ini berasal dari wilayah Sidoarjo, Mojokerto dan Surabaya, serta elemen buruh lainya seperti Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI), Pesatuan Pergerakan Buruh Indonesia dan berbagai elemen lainnya, serta elemen mahasiswa lainya seperti HMI.

Dalam melakukan aksinya ratusan massa buruh ini menumpang enam bus, puluhan sepeda motor dan truk terbuka. Mereka berhenti di depan gedung Bank Indonesia di Jalan Pahlawan, dan kemudian jalan kaki menuju ke kantor Gubernu Jatim.

Sambil berjalan, mereka juga membentangkan berbagai poster yang diantaranya bertuliskan, ‘UMK Rp 1,4 juta harga mati’, ‘Terapkan upah sektoral di Jatim’, ‘Tolak upah murah’ dan berbagai poster lainnya.

Massa juga mengusung spanduk yang bertuliskan “Petisi Pekerja atau Buruh Jawa Timur”. Dalam petisi tersebut, mereka menuntut Gubernur Jawa Timur untuk menepati janji politknya. Hentikan praktek upah murah dan tetapkan upah layak. UMK Rp 1.252.000 adalah bentuk pemiskinan terhadap pekerja atau buruh Jatim. Tetapkan upah layak Rp 1,4 juta. Tepati janjimu terapkan upah sektoral.

Setelah sampai di depan kantor Gubernur, massa tidak bisa mendekat, karena dihalangi kawat berduri. Sebagian perwakilan massa buruh ditemui Kadisnaker Pemprov Jatim Harry Soegiri dan pejabat Pemprov lainnya. Sedangkan massa lainya, berada di depan kawat berduri sambil berorasi dan meneriakan yel-yel.

Demo tuntut penetapan UMK di depan kantor gubernur ini juga sempat membuat arus lalu lintas dari arah Bubutan menuju ke Jalan Pahlawan mengalami kemacetan. Arus lalu lintas kembali lancar, setelah melintasi depan kantor Gubernur. (sus)

 

Related posts

Terbanyak Loloskan Siswanya Masuk PTN di Jalur SNMPTN, Gubernur Beri Hadiah Khusus untuk SMAN 2 Lamongan

kornus

Jokowi-Ma’ruf Amin Daftar ke KPU

redaksi

Pakde Karwo : Penggunaan Dana Desa 50 Persen untuk Pemberdayaan Masyarakat

kornus