KORAN NUSANTARA
indeks Jatim

Barang Bawaan CJH Di Luar Ketentuan Akan Disita dan Dilelang

Surabaya (KN) – Ini peringatan bagi calon jemaah haji untuk tidak membawa barang bawaan diluar ketentuan. Pasalnya ketentuan haji tahun ini berbeda dengan pelaksanaan haji tahun lalu, barang bawaan calon jamaah haji (CJH) yang termasuk di luar ketentuan, tahun ini akan di lelang oleh panitia penyelenggara ibadah haji (PPIH). Selanjutnya hasil lelang ini, akan dibagikan kepada delapan kategori orang yang menerima zakat.

“Sesuai hasil rapat panitia, barang yang disita petugas akan dilelang dan hasilnya akan diberikan pada yang berhak. Karena kalau dimusnahkan kayak tahun lalu, dinilai mubazir,” kata Ketua PPIH Embarkasi Surabaya Drs Sudjak MAg, Senin (3/10).

Menurutnya, lelang barang sitaan ini baru tahun ini dilakukan dan murni dari inovasi para petugas. “Tidak ada instruksi dari menteri agama, kebijakan ini murni inovasi dari PPIH Embarkasi Surabaya, sekaligus jika dibakar barangnya tidak bisa dimanfaatkan,” ungkapnya.

Sementara itu, petugas berhasil menyita 12 slop lebih rokok yang dibawa salah satu jamaah yang tergabung dalam kloter 4 yang masuk ke Asrama Haji Embarkasi Surabaya (AHES), Minggu (2/10) pukul 17.00 WIB.

Humas PPIH Embarkasi Surabaya, Fatkhul Arif mengatakan, Sebenarnya petugas tidak melarang para jamaah membawa rokok tapi tidak berlebihan. Selain itu juga demi kenyamanan selama menunaikan ibadah haji, pihaknya berharap para jamaah hanya membawa barang yang telah ditentukam oleh para petugas. “Intinya tidak ada yang melarang, tapi harus sesuai ketentuan, kalau melebihi ya langsung kita sita,” katanya.

Sedangkan untuk hari ini, senin (3/10) akan diberangkatkan 3 kloter yakni kloter 2,3 dan 4 secara bergilir. Kloter 2 akan berangkat menggunakan pesawat Saudi Arabia Airlanes (SAA) dengan nomor penerbangan SV 5608 pada pukul 10.00 WIB.

Selanjutnya kloter 3 dengan nomor penerbangan SV 5610 pukul 17.00 WIB. Kemudian dilanjutkan kloter 4 menggunakan pesawat nomor penerbangan SV 5612 yang berangkat pukul 19.00 WIB. “Jadwal pemberangakatan bisa berubah. Semua tergantung slot time yang diterima pihak SAA dari Bandara Amir bin Muhammad Abdul Azis, Madinah,” terang Arief.

Total CJH yang berangkat untuk tahun ini adalah 40.667 orang terdiri dari 34.422 CJH Jawa Timur, 4.754 CJH asal NTB, 751 CJH dari NTT dan CJH Bali sejumlah 740 orang. Ditambah dengan 455 orang petugas pendamping sehingga jumlah keseluruhan ada 41.122 orang. (ms)

 

Foto : Petugas perketat barang bawaan jemaah haji

 

Related posts

Tersangka Pemalsuan Dokumen Utang Piutang Mendekam di Rutan Medaeng

kornus

Lamongan Masuk 10 Kabupaten Paling Rawan di Pilkada

Pemkot Surabaya Cairkan Insentif Nakes Pelayanan Covid-19

kornus