KORAN NUSANTARA
indeks Nasional

Angka kemiskinan di Indonesia Hampir Menyamai Jumlah Penduduk Negara Tetangga

Sampang (KN) – Angka kemiskinan di Indonesia ternyata hampir menyamai jumlah penduuduk negara tetangga, Malaysia, Thailand dan Singapura. Saat ini jumlah masyarakat miskin Indonesia sebanyak 31.200.000 jiwa atau sekitar 13,33 persen dari total jumlah penduduk di Indonesia. Hal ini disampaikan Menteri Sosial Salim Segaf Al-Jufri saat melakukan kunjungan kerja ke Sampang, Madura, Jawa Timur, Rabu kemarin.

“Tapi saya yakin angka kemiskinan ke depan bisa ditekan mengingat di sejumlah daerah sudah berupaya optimal untuk menekan jumlah kemiskinan, termasuk di Sampang, Madura,” kata Mensos.

Ia mencontohkan seperti yang telah dilakukan Pemkab Sampang dari sebelumnya diatas 50 persen pada 2007 kini hanya 30 persen pada 2010.

“Kalau di daerah ada upaya maksimal untuk menekan angka kemiskinan seperti di Sampang ini saya yakin akhir 2014 nanti pemberantasan kemiskinan akan tuntas,” katanya menjelaskan.

Mensos menjelaskan, pemerintah sendiri telah melakukan berbagai program dalam berupaya menekan angka kemiskinan di Indonesia. Salah satunya dengan memberikan bantuan kepala keluarga miskin berupa perbaikan rumah kumuh dan bantuan kelompok usaha ekonomi bersama (Kube).

Program ini, kata Mensos akan terus dilakukan hingga 2014 sehingga angka kemiskinan di Indonesia benar-benar bisa ditekan.

Program pemberantasan kemiskinan lainnya yang dicanangkan pemerintah ialah Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) dan Program Keluarga Harapan (PKH). (red)

Related posts

Temui Walikota, Andre Hehanusa Bakal Berperan Serta Meramaikan Industri Kreatif di Surabaya

kornus

Silaturahmi Ke Sekretariat PWI Jember, Dandim 0824/Jember Jelaskan Langkah Gugus Tugas Covid 19

kornus

Wakil Ketua DPRD Jatim, Sahat Apresiasi OJK dan BNI 46 Kucurkan KUR Bagi Petani Porang di Mojokerto

kornus