KORAN NUSANTARA
hukum kriminal indeks

Amankan Unas 2011, Polda Jatim Siapkan 1.100 Personil

logo poldaSurabaya (KN)- Jajaran Polda Jatim menyiapkan sebanyak 1.100 personel polisi se Jatim untuk mengamankan dan mengawal naskah Ujian Nasional (UN) 2011 di Jawa Timur.
Karo Ops Polda Jatim Kombes Pol Rachmad Fudail saat ditemui wartawan di Mapolda Jatim, Senin (4/4) sore mengatakan, pengamanan personel akan diturunkan mulai dari naskah dari gudang hingga pendistribusian ke sekolah-sekolah dengan melibatkan tim dari Dinas Pendidikan, Departemen Agama, kalangan perguruan tinggi dan Dewan Pendidikan.”Kalau perlu petugas harus disumpah. Petugas juga saya wajibkan melapor lewat email maupun fax,” tuturnya.
Dia menjelaskan, untuk pola pengamanan polisi akan memberlakukan sistem tertutup dimana akan menurunkan Intel, Reserse. Sedangkan untuk terbuka akan melibatkan Samapta, Brimob, dan lantas.
Untuk pengamanan gudang naskah polisi akan melibatkan dua anggota polisi secara bergantian dan kuncinya akan dibawa oleh Kapolres setempat. “Pengamanan dilakukan dengan menggunakan kunci ganda yang masing-masing anak kuncinya dipegang oleh Kabag Ops Polres, kapolsek dan pihak Diknas dan Depag,” terangnya.
Polda Jatim juga terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat supaya jangan gampang terperdaya oleh penawaran bocoran soal palsu. “ Saya minta kepada masyarakat agar tidak mudah percaya dengan adanya bocoran soal, karena itu tidak benar,” tambahnya.
Sementara itu Kapolda Jatim, Irjen Pol Untung S. Rajab meminta agar pengumuman kelulusan cukup diberitakan melalui media massa.  Sehingga diharapkan tidak terjadi konvoi berlebihan usai hasil pengumuman unas.
“Langkah ini dilakukan agar tidak terjadi penumpukan dan aksi konvoi yang meresahkan para pengguna jalan serta melindungi keselamatan para siswa dari kecelakaan menggunakan sepeda motor,” tegasnya.
Ujian Nasional 2011 sendiri akan dilaksanakan pada 18 April – 21 April 2011 untuk SMA/MA/SMK, 25 April – 28 April untuk SMP/MTs dan 10 Mei – 12 Mei untuk SD/MI.
UN tahun ini di Jatim akan diikuti oleh 1.541.683 siswa yang terdiri dari 633.184 siswa SD/MI/SDLB, 550 siswa SMP/MTs/SMPLB dan 358.153 siswa SMA/MA/SMK/SMALB. Sedangkan penyelenggara UN berjumlah 35.429 sekolah.(rif)

Related posts

Tandai Hari Jadi ke-16, Mahkamah Konstitusi Luncurkan 25 Buku

redaksi

Staf Ops Korem 083/Baladhika Jaya Terima Paparan Verifikasi Data dan Statistik

kornus

Gubernur Jatim Lantik Kepala Daerah Terpilih Hasil Pilkada 2020 Pada 26 Pebruari

kornus