KORAN NUSANTARA
indeks Jatim

Jatim Bertekat Wujudkan Layanan Berkelas Dunia

logo jatimSurabaya (KN)- Jawa Timur bertekad mewujudkan pelayanan yang berkelas dunia, yakni pelayanan yang prima, bermutu, transparan, mudah, murah, cepat, dan akuntabel kepada seluruh masyarakat. Karena itu, untuk mewujudkan citi-cita tersebut diperlukan komitmen dan langkah konkrit dari semua pihak.
Hal ini dikatakan Sekretaris Daerah Provinsi Jatim, Rasiyo saat membuka Workshop Perubahan Mindset tahun 2011 di Hotel Singgasana Surabaya, Rabu (6/4). Ada beberapa upaya yang sudah, sedang, dan akan dilakukan oleh Pemprov Jatim, diantaranya mendorong penyusunan standar pelayanan yang disepakati bersama antar instansi. Selain itu, mendorong dan meningkatkan pengembangan mutu pelayanan melalui penerapan standar mutu, pengembangan pelayanan administrasi melalui pelayanan satu atap dengan memanfaatkan teknologi informasi, pemantapan koordinasi pembinan pelayanan dan pengembangan kualitas aparat pelayanan publik.
Lebih lanjut Rasio mengatakan, pelayanan publik dewasa ini menjadi isu yang kian strategis, karena kualitas kinerja birokrasi pelayanan publik memiliki implikasi luas pada berbagai aspek kehidupan masyarakat.
“Sebagai contoh, perbaikan kinerja pelayanan di bidang ekonomi misalnya, akan mendorong terciptanya iklim kondusif bagi kegiatan usaha dan investasi, yang pada gilirannya akan membuka kesempatan kerja lebih luas,” katanya.
Pelayanan publik yang berkualitas juga merupakan salah satu indikator terjadinya perubahan penyelenggaraan pemerintahan yang berpihak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.
Sejak tahun 2000, Pemprov Jatim sudah mulai membenahi pelayanan publik, dan pada periode tahun 2003-2007, akslerasi reformasi dan pelayanan publik kian meningkat, sehingga banyak mendapat penghargaan yang berkaitan dengan  pelayanan publik dan ditetapkan sebagai proyek percontohan nasional bidang pelayanan prima. Penerapan sertifikasi ISO di beberapa unit pelayanan juga telah berjalan.
Upaya tersebut tentu tidak serta merta membuat seluruh pelayanan publik di Jatim menjadi baik sesuai harapan masyarakat, sebab reformasi pelayanan publik menuju pelayanan prima memerlukam proses, tahapan waktu, kesinambungan dan keterlibatan semua komponen yang saling terkait dan berinteraksi.(yok)

Related posts

Komisi C Harap Pemprov Jatim Maksimalkan Pengelolaan Sumber Minyak Untuk Menambah PAD

kornus

Guna Beri Rasa Aman Masyarakat, Polrestabes Surabaya Bentuk 77 Posko Pelayanan

kornus

Kampanye Terbuka Caleg Surabaya Dipusatkan di Tiga Tempat

kornus