KORAN NUSANTARA
indeks Nasional

92 Walikota Hadiri Forum Walikota Se-ASEAN di Surabaya

Surabaya (KN) – Sebanyak 92 walikota yang berasal dari 10 negara ASEAN menghadiri ASEAN City Forum atau Forum Walikota Se-ASEAN di Hotel JW Mariot Surabaya. Padahal, Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia APEKSI mengundang 321 walikota. Belum ada keterangan dari Apeksi mengenai ketidakhadiran beberapa Walikota lainnya.

Sementara, Ketua APEKSI, Edi Santana menegaskan bahwa forum ini sangat bergengsi. Ia mengatakan, terbentuknya Forum Walikota Se-ASEAN selaras dengan cita-cita Presiden RI selaku Chairman 2011. “Meneruskan apa yang dicita-citakan Presiden kita sebagai Ketua ASEAN 2011. Kita diharapkan membentuk ASEAN Mayors Forum” katanya

Ia menerangkan, pelaksanaan Forum Walikota se-ASEAN memiliki prestise karena berhasil dilaksanakan sebelum pelaksanaan KTT ASEAN di Bali. Masih kata Edy Santana, Surabaya dipilih sebagai tempat penyelenggaraan event berskala internasional ini berdasarkan Hasil Rapat APEKSI di Banda Aceh.

Edi Santana menilai forum ini memiliki arti penting. Pasalnya, masing-masing Pemerintah Kota bisa saling belajar dari kemajuan yang dicapai oleh Pemerintah Kota lainnya. “Ini penting sekali, karena kita bisa saling mengenal, belajar dari Pemerintah Kota negara lain. Begitu sebaliknya, mereka juga bisa belajar dari kita” terangnya.

Menurut Edy, dalam forum Walikota Se-ASEAN ini ada beberapa agenda utama yang dibahas, antara lain bagaimana menciptakan pemerintahan yang baik goodgoverment, clean government, lingkungan dan pelayanan public atau public service.

Forum Walikota Se-ASEAN berlangsung 24 – 25 Oktober. Melalui forum tersebut diharapkan bisa meningakatakan solidaritas Pemerintah Kota Se-ASEAN. Dalam Pembukaan Forum Walikota se_ASEAN dihadiri Wakil Menteri Dalam Negeri, Dirjen Otoda Kemendagri dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo. (anto)

Related posts

Logam Mulia Jadi Komoditi Terbesar Ekspor Non Migas Jatim

kornus

BNNP Jatim Ungkap 16 Kasus Peredaran Narkoba

kornus

Pakde Karwo Terima Penghargaan “Pena Emas” Predikat Cum Laude dari PWI

kornus