KORAN NUSANTARA
indeks Surabaya

Walikota Se-Asia Tenggara Berkumpul Di Surabaya

Surabaya (KN) – Surabaya menjadi tuan rumah pembentukan Forum Walikota se Asia Tenggara ( FIRST ASEAN MAYORS FORUM). Acara yang berlangsung di JW Marriott Hotel Surabaya ini diikuti 92 Walikota.Enam negara Asean mengirimkan Walikotanya pada acara ini, masing masing Walikota Singapura, Walikota Yangon – Myanmar dan Walikota Patayya- Thailand. Dari Malaysia diikuti oleh 7 Walikota yakni dari kuching, Seberang Perai, Kinabalu, Ipoh, Kuala Trengganu, Johor Bahru dan Pulau Pinang. Sedangkan dari Brunei Darusalam ada 4 Walikota yakni Bandar Sri Begawan, Temburung, Kuala dan Belait Serian Kutong. Sisanya berasal dari Pemerintah Kota seluruh Indonesia.

Hanya saja jumlah peserta ini tak melampaui target panitia sebab sebelumnya yang diundang hadir pada acara ini sebanyak 231 Walikota. “Kami memang mengundang 231 Walikota untuk pertemuan ini,” ujar Edy Santana Putra, Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) dalam pers conference sebelum opening ceremony di lantai II JW Marriott, Senin (24/10/2011) pagi.

Pertemuan Forum Walikota ini menurut Edy Santana yang juga Walikota Palembang ini, untuk menindaklanjuti hasil pertemuan Apeksi yang digelar di Banda Aceh sebelumnya. Keinginan membentuk Forum Walikota se Asia Tenggara ini untuk  bersama sama membahas persoalan penting dalam mewujudkan good government dan public service.  Ke depan Forum ini akan dikembangkan menjadi Komunike Asean pada 2015 mendatang.

“Ini forum bergensi dan kami persiapkan selama 4 bulan lebih dan sesuai harapan Presiden SBY,” lanjut Edy Santana.

Sementara Walikota Surabaya Tri Rismaharini menyatakan, selama ini masing masing Pemerintah Kota berjalan sendiri sendiri dalam mengatasi problem kotanya. “Kita bisa saling belajar dan shareing perkembangan kota secara bersama sama Walikota se Asean baik di bidang Pariwisata, ekononi, pengelolaan pemerintahan sehingga kita bisa maju bersama,” kata Risma.

Sementara itu dalam rangkaian pertemuan Forum Walikota se Asia Tenggara yang berlangsung dua hari di Surabaya ini, akan dilanjutkan dengan city tour mengunjungi beberapa tempat di Surabaya.

Menurut Kepala Bagian Kerjasama Pemkot Surabaya, Antiek Sugiharti, para Walikota ini rencananya akan mengunjungi Taman Ekspresi di Jl Gentengkali, Tugu Pahlawan dan House of sampoerna serta Patung Jalesviva Jayamahe di Ujung (pangkalan TNI AL). “Kunjungan akan diakhiri dengan makan malam di atas KRI yang berlayar di selat Madura mengunjungi Jembatan Suramadu,” ujar Antiek.

Sementara itu Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP), Hidayat, di Taman Ekspresi akan disiapkan aneka pohon untuk ditanam bersama. Masing masing  mundu, bisbol, 66, mojo, kawista, wuni, kayu manis, jambu darsono, kesambi dan kacang amazon. Sedangkan di Tugu Pahlawan, para Walikota akan memberi cap telapak tangan sebagai tanda Deklarasi Surabaya. (red)

Related posts

Risma dan Kapolrestabes Resmikan Dolly Dolly Saiki Fest 2017

kornus

Kasrem Letkol Aprianko Suseno Minta Masyarakat Berkontribusi Nyata

kornus

Pemkot Surabaya Maksimalkan Peran KSH

kornus