KORAN NUSANTARA
indeks Surabaya

Surabaya Jadi Tuan Rumah Konferensi Percetakan Koran se-ASEAN

Surabaya (KN) – Surabaya menjadi tuan rumah Konferensi Bertaraf International pada 12-14 September 2011, yakni konferensi perusahaan percetakan koran se ASEAN atau ANP (ASEAN Newspaper Printers) 2011 Delegates Conference.Acara tersebut digelar di Hotel Shangri-La, Jl Mayjen Sungkono 120, Surabaya. Konferensi yang kali pertama digelar di Surabaya ini rencananya diikuti sekitar  250 peserta dari 10 negara anggota ANP.
“Selain itu, para peserta itu juga berasal dari negara-negara supplier mesin percetakan koran. Mereka antara lain dari Eropa, yakni Inggris, Swiss, dan Italia.  Sedangkan, negara Asia selain negara-negara  ASEAN, juga ada dari India dan China,” kata Misbahul Huda, ketua panitia ANP 2011 Conference di Surabaya, yang juga sebagai Direktur Utama PT Temprina Media Grafika (TMG).
.     Seperti diketahui, ANP adalah asosiasi percetakan koran yang berpusat di Singapura. Saat ini, ANP memiliki anggota yang tersebar di 10 negara ASEAN “Misi ANP sejalan dengan cita-cita dan tujuan ASEAN yakni meningkatkan kerja sama antar anggota, mempromosikan pengetahuan dan keterampilan tentang percetakan koran di ASEAN,” terangnya.
ANP juga menjadi pusat pertukaran informasi produksi, pertukaran know-how, berbagi keahlian dengan tetap mengikuti perkembangan teknologi dan teknik terbaru dalam industri percetakan koran.
“Sejauh ini, ANP telah melaksanakan kegiatan seperti memfasilitasi kerja sama, seminar, program pertukaran dan memfasilitasi hubungan kerja sama ke berbagai percetakan dalam dan luar negeri,” ujarnya.
Pada 2011, Temprina Media Grafika, salah satu di antara perusahaan percetakan koran di Jawa Timur, ditunjuk menjadi tuan rumah konferensi ini.  Karena konferensi ini kapasitasnya internasional, pihak TMG bekerja sama dengan Pemerintah Kota Surabaya.
Walikota Surabaya Tri Rismaharini menyambut baik konferensi ANP 2011 ini. Pihak Pemkot Surabaya akan mendukung demi suksesnya acara tersebut.“Surabaya sebagai tuan rumah akan berusaha semaksimal mungkin menyukseskan acara ini,” tambahnya.
Keterlibatan Surabaya itu bisa dilihat antara lain pada 12 Agustus 2011 sehari setelah kedatangan para peserta, ada agenda khusus bagi peserta untuk diajak sight seeing di beberapa objek wisata di Surabaya. “Para peserta  nanti akan  diajak melihat objek wisata Tugu Pahlawan dan House of Sampoerna,” kata Huda.
Pada 13 September 2011, Walikota Surabaya juga diagendakan membuka konferensi ANP ini pada pukul 18.30 WIB. “Yang jelas acara ini merupakan kesempatan bagi Surabaya untuk mempromosikan potensi wisata dan ekonomi,” jelasnya. (anto)

Related posts

Luncurkan Website SI-MBR, Data MBR Surabaya Bakal Ditempel di Balai RW

kornus

Tak Ada Lawan, Arif Fathoni Dipastikan Pimpin DPD Partai Golkar Surabaya

kornus

Program TMMD ke-105 Trenggalek, Mampu Meningkatkan SDM Masyarakat

kornus