KORAN NUSANTARA
indeks Nasional

Puspen TNI Selenggarakan Penataran Penulisan Press Release

Jakarta (KN) – Dalam rangka meningkatkan profesionalisme dan sumber daya manusia (SDM), Puspen TNI bekerja sama dengan Lembaga Sensor Film (LSF) menyelenggarakan Penataran Penulisan Press Release untuk Perwira dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) TNI TA 2012. Penataran tersebut dibuka secara langsung oleh Wakil Kepala Puspen TNI (Wakapuspen TNI)  Kolonel Czi Suratmo, M.Si (Han) di Aula Balai Wartawan Puspen TNI, Senin (14/5).

Pada kesempatan tersebut, Wakapuspen TNI membacakan amanat Kapuspen TNI, Laksamana TNI Iskandar Sitompul, SE, yang antara lain menyatakan bahwa antara TNI dengan media massa, terdapat pola hubungan kemitraan yang saling membutuhkan satu sama lain, baik dalam kedudukannya sebagai sumber berita maupun dalam penyebarluasan berita. Dalam melaksanakan tugas – tugasnya, TNI tidak dapat bekerja sendiri tanpa adanya dukungan dari komponen bangsa lainnya yang salah satunya adalah kalangan media massa baik media cetak, elektronik maupun online.

Di era globalisasi saat ini, pers memegang peran sentral yang sangat penting, dimana perannya bukan saja sebagai alat penyebarluasan berita, melainkan telah tumbuh dan berkembang sebagai industri pers yang sangat besar dan memiliki pengaruh dalam pembentukan opini masyarakat, bahkan dapat pula mempengaruhi kebijakan pemerintah.

Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam pelaksanaan di lapangan, masih dijumpai adanya  misunderstanding atau salah persepsi dalam pemberitaan, sehingga menimbulkan pemberitaan yang tidak berimbang. Hal tersebut tentunya tidak hanya merugikan TNI saja namun juga profesionalitas insan pers yang bersangkutan. Oleh karena itu, Puspen TNI memandang perlu mengadakan penataran penulisan press release, sehingga salah persepsi dalam pemberitaan dapat dihindarkan.

Melalui penataran ini diharapkan semakin banyak insan perwira penerangan yang mempunyai bekal yang cukup memadai dan nantinya dapat menjalin komunikasi serta dapat saling tukar menukar informasi, sekaligus memberikan pencerahan serta pemahaman lebih luas dan utuh tentang TNI sehingga para insan pers dapat mengeksploitasi informasi tentang TNI secara lebih baik dan benar.

Penataran yang akan berlangsung selama satu bulan tersebut diikuti oleh 20 peserta dari lingkungan TNI. Diharapkan para peserta penataran dapat memanfaatkan semua alat publikasi serta mampu memahami dengan benar cara menulis press release dan mempublikasikannya dengan benar, oleh karenanya peningkatan kemampuan perwira penerangan dalam rangka mendukung tugas pokok TNI harus ditingkatkan agar mampu mengkomunikasikan dan mentransformasikan kinerja TNI, baik di lingkungan internal TNI dalam kerangka pembangunan soliditas satuan, maupun di lingkungan eksternal TNI dalam rangka pencitraan TNI, dengan demikian keberadaan TNI dalam bertugas akan senantiasa mendapatkan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat serta dapat mempertahankan kemanunggalan TNI dengan rakyat. (red)

(Sumber berita Puspen TNI/Kadispenum Puspen TNI, Kolonel Cpl Ir. Minulyo S., M.Sc.,M.Si.,M.A)

Related posts

Anggota Brimob Datasemen C Blitang Tewas Dikeroyok di OKU Selatan

redaksi

Pacu Ekosistem Kendaraan Listrik melalui SPKLU, PLN Raih Penghargaan GridOto Awards 2021

kornus

Kementan Wajibkan Pelaku Usaha Unggas Mandiri Miliki RPHU Memenuhi Persyaratan