KORAN NUSANTARA
Hankam indeks Nasional

Presiden SBY Lantik Kabinet Baru Di Istana Merdeka

 

Jakarta (KN) – Presiden SBY melantik kabinet baru di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (19/10/20110. Para Menteri dan Wakil Menteri ini di tetapkan keputusannya tertanggal 18 Oktober 2011. Para Menteri kabinet Bersatu II, sisa jabatan 2011-2014, di ambil sumpahnya oleh Presiden SBY.

Menteri yang Dicopot: 1. Menteri Perhubungan Freddy Numberi, 2. Menteri ESDM Darwin Zahedy Saleh, 3. Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar, 4. Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad, 5.Menteri Riset dan Teknologi Suharna Surapranata. Menteri yang mengundurkan diri adalah, 1. Menteri Perumahan Rakyat Suharso Monoarfa. Menteri yang Sakit : Menteri BUMN Mustafa Abubakar.

Menteri atau Pejabat Setingkat Menteri  yang digeser, yakni 1. Menteri Pariwisata Jero Wacik Menjadi Menteri ESDM; 2. Menteri Negara Lingkungan Hidup Gusti Muhammad Hatta menjadi Menristek, 3. Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, 4. Menteri Pendayagunaan Aparatur negara EE Mangindaan menjadi Menteri Perhubungan, 5. Kepala BKPM Gita Wirjawan menjadi Menteri Perdagangan.

Menteri atau Pejabat Setingkat Menteri baru yaitu 1. Menkumham Amir Syamsuddin, 2. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar, 3. Menteri BUMN Dahlan Iskan, 4. Menteri Kelautan dan Perikanan Syarif Tjitjip Sutardjo, 5. Menteri Lingkungan Hidup Bert Kambuaya, 6. Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz, 7. Kepala BIN Letjend Marciano Norman.

Menurut Presiden SBY, bahwa terdapat lima hal yang menjadi dasar dan pertimbangannya dalam melaksanakan reshuffle, yaitu hasil evaluasi kinerja dan integritas, faktor the right man in the right place, kebutuhan organisasi, masukan dan aspirasi masyarakat luas, dan faktor persatuan dalam kemajemukan. “Proses reshuffle ini berjalan sistemik dan akuntabel, dalam arti kami rencanakan dengan baik dan kami pun mempertimbangkan berbagai faktor. Jadi bukan RBT atau rencana bangun tidur,” ujar Presiden.

Setelah pengambilan sumpah di Istana Merdeka di akhiri dengan lagu Indonesia Raya, acara pelantikan Meteri ini juga di hadiri oleh Ibu Ani Yudhoyono serta Wapres Boediono dan Ibu. (red)  

Related posts

Hari Ke Empat, Rekapitulasi Suara Pemilu 2019 di KPU Jatim Berjalan Lancar

kornus

Pemkot Surabaya Gandeng PKK Untuk Sejahterakan Masyarakat

kornus

Kesira Jatim Minta Distribusi Vaksin Agar Berbasis Kecamatan

kornus